Uji Statistik Analisis korelasi Partial
Kasus :
Seorang peneliti ingin mengetahui hubungan antara
prokrastinasi akademik dan prestasi
belajar apabila motivasi belajar dipertahankan. Selanjutnya diambil sebanyak 30
orang secara random dengan menggunakan instrument skala prokrastinasi dan tes
hasil belajar, dan diperoleh data sebagai berikut
No
|
Prokrastinasi
|
Prestasi
|
Motivasi
|
Subyek
|
|
|
|
1
|
21
|
22
|
23
|
2
|
23
|
12
|
22
|
3
|
23
|
23
|
24
|
4
|
21
|
43
|
43
|
5
|
23
|
23
|
35
|
6
|
21
|
21
|
20
|
7
|
23
|
23
|
20
|
8
|
21
|
23
|
27
|
9
|
23
|
21
|
25
|
10
|
21
|
23
|
25
|
11
|
22
|
21
|
25
|
12
|
24
|
23
|
26
|
13
|
23
|
21
|
26
|
14
|
21
|
22
|
27
|
15
|
23
|
22
|
23
|
16
|
23
|
12
|
22
|
17
|
21
|
23
|
24
|
18
|
23
|
43
|
43
|
19
|
21
|
23
|
35
|
20
|
23
|
21
|
20
|
21
|
21
|
23
|
20
|
22
|
23
|
23
|
27
|
23
|
21
|
21
|
25
|
24
|
22
|
23
|
25
|
25
|
24
|
21
|
25
|
26
|
23
|
23
|
26
|
27
|
22
|
21
|
26
|
28
|
20
|
22
|
27
|
29
|
33
|
24
|
27
|
30
|
44
|
23
|
28
|
Dengan
taraf signifikansi (galat/p) = 0,05 (5%), apakah ada hubungan antara
Prokrastinasi akademik dan Prestasi Belajar Statistik dengan mengendalikan
motivasi?
Solusi :
Hipotesis
Partial 1
Ho =
Tidak ada hubungan prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar
Ha =
Terdapat hubungan prokrastinasi terhadap
prestasi belajar.
Partial 2
Ho = Tidak ada hubungan motivasi
terhadap prestasi akademik
Ha = Terdapat hubungan motivasi terhadap
prestasi akademik
Proses Analisis
1. Data
yang sudah diperoleh terlebih dahulu kita input (dikelola) ke dalam Ms. Excel
2. Data
yang sudah terinput kemudian di copy ke dalam program SPSS
3. Pada
tampilan variable view, pada kolom Name ditulis nama variabel yang akan
diuji, yakni variabel prokrastinasi,
motivasi dan prestasi. Kemudian
untuk kolom Label, diisi dengan Prokrastinasi dan Prestasi Belajar Statistik. Untuk kolom Width isilah dengan angka 8, dan pada kolom Decimals isikan angka 2 (dengan kondisi devault)
4. Simpan
file yang sudah selesai diinput.
5. Untuk
mengolah data, klik Analyze?Correlate?Partial
6.
Pada kotak dialog Partial Correlations, klik variabel
prokrastinasi dan prestasi ke kotak Variables
dan Motivasi Belajar ke Controlling
for . Pada kotak Test of
Significance klik Two-tailed hingga
muncul tanda titik (●).Klik Ok
Dengan menggunakan program SPSS uji korelasi Partial
diperoleh data sebagai berikut
Descriptive
Statistics
|
|||
|
Mean
|
Std.
Deviation
|
N
|
Prokrastinasi
|
23.2333
|
4.52337
|
30
|
Prestasi Belajar
|
22.9667
|
6.09965
|
30
|
Motivasi
|
26.3667
|
5.73244
|
30
|
Correlations
|
|||||
Control Variables
|
Prokrastinasi
|
Prestasi
Belajar
|
Motivasi
Belajar
|
||
-none-a
|
Prokrastinasi
|
Correlation
|
1.000
|
-.016
|
.039
|
Significance
(2-tailed)
|
.
|
.933
|
.837
|
||
df
|
0
|
28
|
28
|
||
Prestasi Belajar
|
Correlation
|
-.016
|
1.000
|
.794
|
|
Significance
(2-tailed)
|
.933
|
.
|
.000
|
||
df
|
28
|
0
|
28
|
||
Motivasi Belajar
|
Correlation
|
.039
|
.794
|
1.000
|
|
Significance
(2-tailed)
|
.837
|
.000
|
.
|
||
df
|
28
|
28
|
0
|
||
Motivasi Belajar
|
Prokrastinasi
|
Correlation
|
1.000
|
-.077
|
|
Significance
(2-tailed)
|
.
|
.690
|
|
||
df
|
0
|
27
|
|
||
Prestasi Belajar
|
Correlation
|
-.077
|
1.000
|
|
|
Significance
(2-tailed)
|
.690
|
.
|
|
||
df
|
27
|
0
|
|
||
a. Cells contain
zero-order (Pearson) correlations.
|
|
|
|
Ø Pada
hasil output ada dua bagian, yang pertama adalah Analsis Korelasi Pearson
(Bivariat) antara 3 variabel, yaitu Prokrastinasi, Prestasi Belajar dan
Motivasi Belajar. Sedangkan bagian yang kedua analisis korelasi antara
Prokrastinasi dengan Prestasi Belajar dimana Motivasi Belajar menjadi variabel
pengontrolnya.
Ø Bila
dibandingkan terlihat bahwa angka korelasi antara Prokrastinasi dengan Prestasi
Belajar dengan menggunakan variabel pengontrol nilainya menjadi turun, yaitu
dari 0,039 menjadi -0,077. Sedangkan tandanya negatif. Hal ini berarti bahwa
dengan memperhitungkan besarnya tingkat prokrastinasi mahasiswa, berkorelasi
negatif antara tingkat prokrastinasi dengan motivasi belajarnya.
Ø Pada
tabel di atas diketahui bahwa harga koefisien korelasi adalah sebesar -0,077
dengan signifikansi 0,690
Ø Pengujian
hipotesis dengan membandingkan taraf signifikansi dengan galatnya
Jika signifikansi > 0,05 maka Ho
diterima
Jika signifikansi < 0,05 maka Ho
ditolak
Dari data analisis diperoleh
signifikansi sebesar 0,690. Jadi Ho diterima, yang artinya tidak terdapat
hubungan yang signifikan antara prokrastinasi dengan prestasi belajar
Ø Untuk
menguji apakah koefisien korelasi dapat digeneralisasikan atau tidak, maka
harus dihitung dulu t hitungnya, dengan rumus

Hipotesis
Ho
= Harga koefisien korelasi tidak signifikan
Ha =
Harga koefisien korelasi signifikan
Pengujian
Ø Jika t hitung > t tabel
maka Ho ditolak
Ø Jika t hitung < t tabel
maka Ho diterima
Jika
diketahui t hitung = -0,409 dan t tabel = 2,048, maka Ho diterima yang artinya
harga koefisien korelasi tidak signifikan
Kesimpulan :
Berdasarkan
pada hasil analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini
tidak ada hubungan yang signifikan antara prokrastinasi dengan prestasi belajar
statistik. Di samping itu dengan melihat harga koefisien korelasi sebesar
-0,077 (bertanda negatif) maka korelasinya berbanding terbalik, yakni semakin
tinggi prokrastinasi maka prestasi belajar akan semakin rendah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.