Selasa, 24 September 2013

Uji Two-Way ANOVA



Uji Two-Way ANOVA
Seorang peneliti ingin mengetahui perbedaan prestasi belajar ditinjau dari treatment 1 (A). treatment 2 (B) dan treatment 3 (C). serta ditinjau pula dari kelas G1,G2.dan G3 yang kemudian diambillah subjek sebanyak 90,berikut datanya
KELAS
3G1
3G2
3G3

21
20
22

23
20
12

23
27
23
A
21
25
43

23
25
23

21
25
21

23
25
23

21
25
23

23
26
21

21
26
23

22
27
21

24
27
23

23
28
21
B
21
20
22

23
20
22

23
27
12

21
25
23

23
25
43

21
25
23

23
25
21

21
25
23

23
26
23

21
26
21
C
22
27
23

24
27
21

23
28
23

22
29
21

20
6
22

33
33
24

44
45
23

ü  HIPOTESIS
1.     Hipotesis mayor 1 : prestasi belajar dari tertement
Ho : A = B = C
Ho : A # B # C

Hipotesis minor 1
A VS B
A VS C
B VS C

2.     Hipotesis mayor II :
Ho : GI = G2 = G3
Ha : G1# G2 # G3

Hipoesis minor II :
G1 VS G2
G1 VS G3
G2 VS G3

3.     Hipotesis mayor III :
Ho : AG1 = AG2 = AG3
Ha : AG1 # AG2 # AG3

Hipotesis minor III :
AGI VS AG2
AG1 VS AG3
AG2 VS AG3

4.     Hipotesis mayor IV :
Ho : BG1 = BG2 = BG3
Ha : BG1 # BG2 # BG3

Hipotesis minor IV
BG1 VS BG2
BGI VS BG3
BG2 VS BG3

5.     Hipotesis mayor V :
Ho : CGI = CG2 = CG3
Ha : CG1 # CG2 # CG3

Hipotesis minor V
CG1 VS CG2
CGI VS CG3
CG2 VS CG3


ü  KAIDAH
Ho : diterima jika signifikasi  > 0,05
Ha : diterima jika signifikasi < 0,05

ü  PROSES ANALIS
-       Masukkan data ke spss kemudian berilah nama pada variabel yang diperlukan klik variabel view > klik name  variabel menjadi kelas serta mengisi valuenya dena I = GI ,2 =G2, 3 G3 da variabel yang kedua menjadi treatment disertai dengan mengisi valuenya dengan 1 = treatment 1, 2 = tertatment 2, 3 = treatment 3. Kemudian yang variabel yang ketiga diganti menjadi prestasi belajar kemudian kembali ke data view.
-       Memulai analisis dengan mengklik anilize > general linier model > univariate
-       Masukkan variabel prestasi belajar ke dalam kotak dependen variabele dan masukkanlah variabel kelas dan treatment ke dalam kotak fixed factor
-       Mengklik post hock dan memindahka variabel kelas dan treatment dari faktor ke post hock test for > Scheffe > continue
-       Mengklik option kemudian memindah OVERALL ke kotak display mean for > aktifkan descriptife statistic dan homogeneity test > continue > 0K

Hasil SPSS


Between-Subjects Factors



Value Label
N

Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
1
3G1
30

2
3G2
30

3
3G3
30

Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
1
Treatmen A
30

2
Treatmen B
30

3
Treatmen C
30






Descriptive Statistics
Dependent Variable:Prestasi Belajar

Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
Mean
Std. Deviation
N
3G1
Treatmen A
22.0000
1.05409
10
Treatmen B
22.4000
1.07497
10
Treatmen C
25.3000
7.51369
10
Total
23.2333
4.52337
30
3G2
Treatmen A
24.4000
2.41293
10
Treatmen B
24.9000
2.80674
10
Treatmen C
27.2000
9.49620
10
Total
25.5000
5.81170
30
3G3
Treatmen A
23.4000
7.66232
10
Treatmen B
23.1000
7.70930
10
Treatmen C
22.4000
1.07497
10
Total
22.9667
6.09965
30
Total
Treatmen A
23.2667
4.62328
30
Treatmen B
23.4667
4.73238
30
Treatmen C
24.9667
7.06367
30
Total
23.9000
5.57694
90
Levene's Test of Equality of Error Variancesa

Dependent Variable:Prestasi Belajar

F
df1
df2
Sig.

1.725
8
81
.105

Tests the null hypothesis that the error variance of the dependent variable is equal across groups.

a. Design: Intercept + Kelas + Treatmen + Kelas * Treatmen















Tests of Between-Subjects Effects
Dependent Variable:Prestasi Belajar



Source
Type III Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Corrected Model
231.000a
8
28.875
.922
.503
Intercept
51408.900
1
51408.900
1.641E3
.000
Kelas
116.267
2
58.133
1.856
.163
Treatmen
51.800
2
25.900
.827
.441
Kelas * Treatmen
62.933
4
15.733
.502
.734
Error
2537.100
81
31.322


Total
54177.000
90



Corrected Total
2768.100
89



a. R Squared = .083 (Adjusted R Squared = -.007)




Estimated Marginal Means

Grand Mean
Dependent Variable:Prestasi Belajar

Mean
Std. Error
95% Confidence Interval
Lower Bound
Upper Bound
23.900
.590
22.726
25.074
Post Hoc Tests

Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
Multiple Comparisons
Prestasi Belajar
Scheffe




(I) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
(J) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
Mean Difference (I-J)
Std. Error
Sig.
95% Confidence Interval
Lower Bound
Upper Bound
3G1
3G2
-2.2667
1.44504
.298
-5.8702
1.3369
3G3
.2667
1.44504
.983
-3.3369
3.8702
3G2
3G1
2.2667
1.44504
.298
-1.3369
5.8702
3G3
2.5333
1.44504
.221
-1.0702
6.1369
3G3
3G1
-.2667
1.44504
.983
-3.8702
3.3369
3G2
-2.5333
1.44504
.221
-6.1369
1.0702
Based on observed means.
 The error term is Mean Square(Error) = 31.322.


Homogeneous Subsets
Prestasi Belajar
Scheffe

Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
N
Subset
1
3G3
30
22.9667
3G1
30
23.2333
3G2
30
25.5000
Sig.

.221
Means for groups in homogeneous subsets are displayed.
 Based on observed means.
 The error term is Mean Square(Error) = 31.322.

Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C

Multiple Comparisons
Prestasi Belajar
Scheffe





(I) Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
(J) Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
Mean Difference (I-J)
Std. Error
Sig.
95% Confidence Interval
Lower Bound
Upper Bound
Treatmen A
Treatmen B
-.2000
1.44504
.990
-3.8035
3.4035
Treatmen C
-1.7000
1.44504
.504
-5.3035
1.9035
Treatmen B
Treatmen A
.2000
1.44504
.990
-3.4035
3.8035
Treatmen C
-1.5000
1.44504
.586
-5.1035
2.1035
Treatmen C
Treatmen A
1.7000
1.44504
.504
-1.9035
5.3035
Treatmen B
1.5000
1.44504
.586
-2.1035
5.1035
Based on observed means.
 The error term is Mean Square(Error) = 31.322.



Homogeneous Subsets

Prestasi Belajar
Scheffe


Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
N
Subset
1
Treatmen A
30
23.2667
Treatmen B
30
23.4667
Treatmen C
30
24.9667
Sig.

.504


Oneway

Descriptives
Treatmen A








N
Mean
Std. Deviation
Std. Error
95% Confidence Interval for Mean
Minimum
Maximum

Lower Bound
Upper Bound
3G1
10
22.0000
1.05409
.33333
21.2459
22.7541
21.00
23.00
3G2
10
24.4000
2.41293
.76303
22.6739
26.1261
20.00
27.00
3G3
10
23.4000
7.66232
2.42304
17.9187
28.8813
12.00
43.00
Total
30
23.2667
4.62328
.84409
21.5403
24.9930
12.00
43.00


Test of Homogeneity of Variances
Treatmen A



Levene Statistic
df1
df2
Sig.
1.564
2
27
.228

ANOVA
Treatmen A






Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Between Groups
29.067
2
14.533
.664
.523
Within Groups
590.800
27
21.881


Total
619.867
29



Post Hoc Tests

Multiple Comparisons
Treatmen A
Scheffe





(I) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
(J) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
Mean Difference (I-J)
Std. Error
Sig.
95% Confidence Interval
Lower Bound
Upper Bound
3G1
3G2
-2.40000
2.09196
.526
-7.8182
3.0182
3G3
-1.40000
2.09196
.801
-6.8182
4.0182
3G2
3G1
2.40000
2.09196
.526
-3.0182
7.8182
3G3
1.00000
2.09196
.892
-4.4182
6.4182
3G3
3G1
1.40000
2.09196
.801
-4.0182
6.8182
3G2
-1.00000
2.09196
.892
-6.4182
4.4182


Homogeneous Subsets

Treatmen A

Scheffe


Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
N
Subset for alpha = 0.05

1

3G1
10
22.0000

3G3
10
23.4000

3G2
10
24.4000

Sig.

.526

Means for groups in homogeneous subsets are displayed.

Descriptives
Treatmen B








N
Mean
Std. Deviation
Std. Error
95% Confidence Interval for Mean
Minimum
Maximum

Lower Bound
Upper Bound
3G1
10
22.4000
1.07497
.33993
21.6310
23.1690
21.00
24.00
3G2
10
24.9000
2.80674
.88757
22.8922
26.9078
20.00
28.00
3G3
10
23.1000
7.70930
2.43790
17.5851
28.6149
12.00
43.00
Total
30
23.4667
4.73238
.86401
21.6996
25.2338
12.00
43.00














Test of Homogeneity of Variances
Treatmen B



Levene Statistic
df1
df2
Sig.
1.591
2
27
.222

ANOVA
Treatmen B






Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Between Groups
33.267
2
16.633
.729
.492
Within Groups
616.200
27
22.822


Total
649.467
29




Post Hoc Tests
Multiple Comparisons
Treatmen B
Scheffe





(I) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
(J) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
Mean Difference (I-J)
Std. Error
Sig.
95% Confidence Interval
Lower Bound
Upper Bound
3G1
3G2
-2.50000
2.13646
.513
-8.0335
3.0335
3G3
-.70000
2.13646
.948
-6.2335
4.8335
3G2
3G1
2.50000
2.13646
.513
-3.0335
8.0335
3G3
1.80000
2.13646
.704
-3.7335
7.3335
3G3
3G1
.70000
2.13646
.948
-4.8335
6.2335
3G2
-1.80000
2.13646
.704
-7.3335
3.7335


Homogeneous Subsets
Treatmen B
Scheffe

Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
N
Subset for alpha = 0.05
1
3G1
10
22.4000
3G3
10
23.1000
3G2
10
24.9000
Sig.

.513
Means for groups in homogeneous subsets are displayed.




Descriptives
Treatmen C








N
Mean
Std. Deviation
Std. Error
95% Confidence Interval for Mean
Minimum
Maximum

Lower Bound
Upper Bound
3G1
10
25.3000
7.51369
2.37604
19.9250
30.6750
20.00
44.00
3G2
10
27.2000
9.49620
3.00296
20.4068
33.9932
6.00
45.00
3G3
10
22.4000
1.07497
.33993
21.6310
23.1690
21.00
24.00
Total
30
24.9667
7.06367
1.28964
22.3290
27.6043
6.00
45.00


Test of Homogeneity of Variances
Treatmen C



Levene Statistic
df1
df2
Sig.
2.207
2
27
.130


ANOVA
Treatmen C






Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Between Groups
116.867
2
58.433
1.186
.321
Within Groups
1330.100
27
49.263


Total
1446.967
29





Post Hoc Tests

Multiple Comparisons
Treatmen C
Scheffe





(I) Kelas 3G1, kelas 3G2, Kelas 3G3
(J) Kelas 3G1, kelas 3G2, Kelas 3G3
Mean Difference (I-J)
Std. Error
Sig.
95% Confidence Interval
Lower Bound
Upper Bound
3G1
3G2
-1.90000
3.13888
.834
-10.0298
6.2298
3G3
2.90000
3.13888
.657
-5.2298
11.0298
3G2
3G1
1.90000
3.13888
.834
-6.2298
10.0298
3G3
4.80000
3.13888
.326
-3.3298
12.9298
3G3
3G1
-2.90000
3.13888
.657
-11.0298
5.2298
3G2
-4.80000
3.13888
.326
-12.9298
3.3298


Homogeneous Subsets

Treatmen C
Scheffe

Kelas 3G1, kelas 3G2, Kelas 3G3
N
Subset for alpha = 0.05
1
3G3
10
22.4000
3G1
10
25.3000
3G2
10
27.2000
Sig.

.326
Means for groups in homogeneous subsets are displayed.




Interpretasi
Interpretasi Output SPSS
Ø  Pada tabel Between – Subject Factors memberikan informasi tentang variabel-variabel independent serta pelabelannya.
Ø  Pada tabel Descriptive Statistic memuat deskirptiv tentang data masing-masing variabel meliputi banyaknya data, mean, standart deviasi.
Ø  Pada tabel Levene’s Test of Equality of Error Variances(a) memuat data hasil analisis uji kehomogenan varian populasi dan taraf signifikansi.
Hipotesis :
Ho : Variansi data prestasi belajar mahasiswa adalah sama
Ha : Variansi data prestasi belajar mahasiswa adalah berbeda

Keputusan :
·         Jika signifikansi  > 0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak
·         Jika signifikansi  < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima
Dari tabel Levene’s Test of Equality of Error Variances(a) diperoleh signifikansi sebesar  0.105, karena signifikansi > 0.05 maka Ho diterima  yang artinya Variansi data prestasi belajar mahasiswa adalah sama .

Setelah variansi prestasi belajar mahasiswa adalah berbeda, baru dilanjutkan uji ANOVA untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang berarti rata-rata prestasi belajar mahasiswa psikologi kelas G1, G2 dan G3

Hipotesis (Treatment)
Ma 1
Ho :  A =  B =   C
Rata rata prestasi mahasiswa antar treatmen A, B dan C adalah sama
Ha  :  A ≠  B ≠  C
Rata rata prestasi mahasiswa antar treatmen A, B dan C adalah berbeda
M1 : A vs B
Ho : A = B
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment B
Ha : A ≠ B
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment B
M2 : A vs C
Ho : A = C
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment C
Ha : A ≠ C
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment C
M3 : B vs C
Ho : B = C
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment C
Ha : B ≠ C
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment B dengan yang diberikan Treatment C


Perbedaan rata rata prestasi mahasiswa antar treatmen A, B dan C

Berdasarkan tabel Tests of Between-subject Effects tersebut diatas diperoleh harga F sebesar 1,856 dan signifikansi sebesar 0.441 karena signifikansi > 0,05 maka Ho diterima yang artinya Rata rata prestasi mahasiswa antar treatmen A, B dan C adalah sama atau dapat diartikan juga dengan tidak  terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan treatment A, B dan C.
·         Pada tabel Post Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Treatment pada baris pertama  yang menguji perbedaan Treatment A dengan Treatment B diperoleh hasil sebagai berikut :
·         Pada kolom Mean Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga -0.2000 Angka ini berasal dari mean Treatment A dikurangi  mean Treatment B atau 23.266723.4667= -0,2000 (lihat tabel Descriptive Statistic)
·         Pada kolom 95% Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar antara -3.8035 hingga 3.4035
·         Pada kasus ini terlihat signifikansinya sebesar 0,990 > 0.050 dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya Tidak Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment B
·         Pada tabel Post Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Treatment pada baris pertama  yang menguji perbedaan Treatment A dengan Treatment C diperoleh hasil sebagai berikut :
·         Pada kolom Mean Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga -1.7000. Angka ini berasal dari mean Treatment A dikurangi  mean Treatment C atau 23,667 – 24.9667= -1,7000 (lihat tabel Descriptive Statistic)
·         Pada kolom 95% Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar antara -5.3035 hingga 1.9035
·         Pada kasus ini terlihat signifikansinya sebesar 0.504 > 0.050 dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment C
·         Pada tabel Post Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Treatment pada baris kedua  yang menguji perbedaan Treatment B dengan Treatment C diperoleh hasil sebagai berikut :
·         Pada kolom Mean Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga -1,5000. Angka ini berasal dari mean Treatment B dikurangi  mean Treatment C atau 23,4667– 24,9667 = -1,5000 (lihat tabel Descriptive Statistic)
·         Pada kolom 95% Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar antara -5.1035 hingga 2.1035
·         Pada kasus ini terlihat signifikansinya sebesar 0.586 > 0.050 dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment B dengan yang diberikan Treatment C




Hipotesis (Kelas)
Ma II
Ho :  G1 =  G2 =  G3
Rata rata prestasi belajar mahasiswa antar kelas G1, G2 dan G3 adalah sama
Ha :  G1 ≠  G2 ≠  G3
Rata rata prestasi belajar mahasiswa antar kelas G1, G2 dan G3 adalah berbeda
M1 : G1 vs G2
Ho : G1 = G2
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1 dan kelas G2
Ha : G1 ≠ G2
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1 dan kelas G2
M2 : G1 vs G3
Ho : G1 = G3
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1 dan kelas G3
Ha : G1 ≠ G3
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1 dan kelas G3
M3 : G2 vs G3
Ho : G2 = G3
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G2 dan kelas G3
Ha : G2 ≠ G3
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G2 dan kelas G3
Perbedaan rata rata prestasi mahasiswa antar kelas G1, G2 dan G3
Berdasarkan tabel Tests of Between-subject Effects tersebut diatas diperoleh harga F sebesar 3.350 dan signifikansi sebesar 0,163 karena signifikansi > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak  yang artinya Rata rata prestasi mahasiswa antar kelas G1, G2 dan G3 adalah sama atau dapat diartikan juga dengan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1, G2 dan G3.
·         Pada tabel Post Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Kelas pada baris pertama  yang menguji perbedaan Kelas G1 dengan Kelas G2 diperoleh hasil sebagai berikut :
·         Pada kolom Mean Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga -2,2667. Angka ini berasal dari mean Kelas G1 dikurangi  mean Kelas G2  atau 23,233325.5000= -2,2667 (lihat tabel Descriptive Statistic)
·         Pada kolom 95% Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar antara -5.8702 hingga 1,3369
·         Pada kasus ini terlihat signifikansinya sebesar 0,298> 0.050 dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1 dengan kelas G2
·         Pada tabel Post Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Kelas pada baris pertama  yang menguji perbedaan Kelas G1 dengan Kelas G3 diperoleh hasil sebagai berikut :
·         Pada kolom Mean Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga 0,2667. Angka ini berasal dari mean Kelas G1 dikurangi  mean Kelas G3  atau 23,2333 – 22.9667= 0,2667 (lihat tabel Descriptive Statistic)
·         Pada kolom 95% Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar -3,3369 hingga 3,8702
·         Pada kasus ini terlihat signifikansinya sebesar 0.983 > 0.050 dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya Tidak Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1 dengan kelas G3
·         Pada tabel Post Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Kelas pada baris kedua  yang menguji perbedaan Kelas G2 dengan Kelas G3 diperoleh hasil sebagai berikut :
·         Pada kolom Mean Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga 2,5333. Angka ini berasal dari mean Kelas G2 dikurangi  mean Kelas G3  atau 25,5000– 22,9667 = 2,5333 (lihat tabel Descriptive Statistic)
·         Pada kolom 95% Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar -1.0702 hingga 6.1369
·         Pada kasus ini terlihat signifikansinya sebesar 0.221 > 0.050 dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G2 dengan kelas G3


Hipotesis (Interaksi Kelas dan Treatment)
Ho : Tidak terdapat interaksi antar kelas G1, G2 dan G3 dengan Treatment A, B dan C terhadap Prestasi belajar mahasiswa.
Ha : Terdapat interaksi antar kelas G1, G2 dan G3 dengan Treatment A, B dan C terhadap Prestasi belajar mahasiswa.


Perbedaan prestasi belajar berdasarkan interaksi kelas dan Treatment
Berdasarkan tabel Test of Between-Subject Effect tersebut diatas diperoleh harga F sebesar 0,503 dengan signifikansi sebesar 0.732> 0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya Tidak terdapat interaksi antar kelas G1, G2 dan G3 dengan Treatment A, B dan C terhadap Prestasi belajar mahasiswa
Pada tabel Grand Mean dapat dilihat besarnya mean, standart error dan convidence interval mean dari data yang ada.


Hipotesis (Treatment Terhadap Kelas)
Ma III
Ho : A  G1 = G2 = G3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
Ha : A  G1 ≠ G2 ≠ G3
Terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
M1 : AG1 vs AG2
Ho : AG1 = AG2
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
Ha : AG1 ≠ AG2
Terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
M2 : AG1 vs AG3
Ho : AG1 = AG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
Ha : AG1 ≠ AG3
Terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
M3 : AG2 vs AG3
Ho : AG2 = AG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G2 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
Ha : AG2 ≠ AG3
Terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G3 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar

Perbedaan hasil Treatmen Terhadap kelas
Pada tabel Descriptive memuat banyaknya data tentang efektifitas Treatment A yang diterapkan pada kelas G1 sebanyak 10, kelas G2 sebanyak 10 dan kelas G3 sebanyak 10.
Rata-rata efektifitas Treatment A yang diterapkan pada kelas G1 sebesar 22,0000
Rata-rata efektifitas Treatment A yang diterapkan pada kelas G2 sebesar 24,4000
Rata-rata efektifitas Treatment A yang diterapkan pada kelas G3 sebesar 23,4000
Berdasarkan tabel ANOVA diperoleh signifikansi  0,523 > 0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar

Berdasarkan hasil analisis dari Post Hoc – Scheffe pada tabel Multiple Comparation maka dapat di interpretasikan sebagai berikut.
·         Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen A yang diterapkan pada kelas G1 dan G2 sebesar -2,40000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara treatmen A yang diterapkan pada kelas G1 dan G2. Dan diperoleh juga signifikansi sebesar 0,526 > 0.050 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt A pada kelas G1 sebesar  22.000 dan nilai rata-rata (mean) Treatmentt A pada kelas G2 sebesar 24,400 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment A lebih efektiv diterapkan pada kelas G2 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa
·         Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen A yang diterapkan pada kelas G1 dan G3 sebesar -1,40000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara treatmen A yang diterapkan pada kelas G1 dan G3. Dan diperoleh juga signifikansi sebesar 0, 801 > 0.050 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen A yang diterapkan pada kelas G1 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt A pada kelas G1 sebesar  22,0000 dan nilai rata-rata (mean) Treatmentt A pada kelas G3 sebesar 23,4000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment A lebih efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa
·         Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen A yang diterapkan pada kelas G2 dan G3 sebesar 1,90000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara treatmen A yang diterapkan pada kelas G2 dan G3. Dan diperoleh juga signifikansi sebesar 0,892 > 0.050 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen A yang diterapkan pada kelas G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt A pada kelas G2 sebesar  24,400 dan nilai rata-rata (mean) Treatmentt A pada kelas G3 sebesar 23,4000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment A tidak efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa

Hipotesis (Treatment Terhadap Kelas)
Ma IV
Ho : B  G1 = G2 = G3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
Ha : B  G1 ≠ G2 ≠ G3
Terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
M1 : BG1 vs BG2
Ho : BG1 = BG2
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
Ha : BG1 ≠ BG2
Terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
M2 : BG1 vs BG3
Ho : BG1 = BG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
Ha : BG1 ≠ BG3
Terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
M3 : BG2 vs BG3
Ho : BG2 = BG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G2 dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
Ha : BG2 ≠ BG3
Terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G2 dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar




Perbedaan hasil Treatmen Terhadap kelas
Pada tabel Descriptive memuat banyaknya data tentang efektifitas Treatment B yang diterapkan pada kelas G1 sebanyak 10, kelas G2 sebanyak 10 dan kelas G3 sebanyak 10.
Rata-rata efektifitas Treatment B yang diterapkan pada kelas G1 sebesar 22,40000
Rata-rata efektifitas Treatment B yang diterapkan pada kelas G2 sebesar 24,9000
Rata-rata efektifitas Treatment B yang diterapkan pada kelas G3 sebesar 23,1000
Berdasarkan tabel ANOVA diperoleh signifikansi  0,492 >0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.

Berdasarkan hasil analisis dari Post Hoc – Scheffe pada tabel Multiple Comparation maka dapat di interpretasikan sebagai berikut.
·         Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen B yang diterapkan pada kelas G1 dan G2 sebesar -2,50000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G1 dan G2. Dan diperoleh juga signifikansi sebesar 0,513 > 0.050 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G1 dan G2 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B pada kelas G1 sebesar 22,4000 dan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B pada kelas G2 sebesar 24,9000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment B lebih efektiv diterapkan pada kelas G2 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa

·         Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen B yang diterapkan pada kelas G1 dan G3 sebesar -0,70000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G1 dan G3. Dan diperoleh juga signifikansi sebesar 0,948 > 0.050 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G1 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B pada kelas G1 sebesar 22,4000 dan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B pada kelas G3 sebesar 23,1000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment B lebih efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa

·         Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen B yang diterapkan pada kelas G2 dan G3 sebesar 1,80000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G2 dan G3. Dan diperoleh juga signifikansi sebesar 0,704> 0.050 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B pada kelas G2 sebesar 24,9900 dan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B pada kelas G3 sebesar 23,1000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment B tidak efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa

Hipotesis (Treatment Terhadap Kelas)
Ma V
Ho : C  G1 = G2 = G3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
Ha : C  G1 ≠ G2 ≠ G3
Terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
M1 : CG1 vs CG2
Ho : CG1 = CG2
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
Ha : CG1 ≠ CG2
Terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
M2 : CG1 vs CG3
Ho : CG1 = CG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
Ha : CG1 ≠ CG3
Terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G1 dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
M3 : CG2 vs CG3
Ho : CG2 = CG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G2 dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar
Ha : CG2 ≠ CG3
Terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G2 dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil prestasi belajar

Perbedaan hasil Treatmen Terhadap kelas
Pada tabel Descriptive memuat banyaknya data tentang efektifitas Treatment C  yang diterapkan pada kelas G1 sebanyak 10, kelas G2 sebanyak 10 dan kelas G3 sebanyak 10.
Rata-rata efektifitas Treatment C yang diterapkan pada kelas G1 sebesar 25,3000
Rata-rata efektifitas Treatment C yang diterapkan pada kelas G2 sebesar 27,2000
Rata-rata efektifitas Treatment C yang diterapkan pada kelas G3 sebesar 22,4000

Berdasarkan tabel ANOVA diperoleh signifikansi  0.321 > 0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan hasil analisis dari Post Hoc – Scheffe pada tabel Multiple Comparation maka dapat di interpretasikan sebagai berikut.
·         Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen C yang diterapkan pada kelas G1 dan G2 sebesar -1,90000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G1 dan G2. Dan diperoleh juga signifikansi sebesar 0,834 > 0.050 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G1 dan G2 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt C pada kelas G1 sebesar 25,3000 nilai rata-rata (mean) Treatmentt C pada kelas G2 sebesar 27,2000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment C lebih efektiv diterapkan pada kelas G1 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

·         Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen C yang diterapkan pada kelas G1 dan G3 sebesar 2,90000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G1 dan G3. Dan diperoleh juga signifikansi sebesar 0,657 > 0.050 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G1 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt C pada kelas G1 sebesar 25,3000 nilai rata-rata (mean) Treatmentt C pada kelas G3 sebesar 22,4000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment C tidak efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa

·         Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen C yang diterapkan pada kelas G2 dan G3 sebesar 4,80000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G2 dan G3. Dan diperoleh juga signifikansi sebesar 0,326 > 0.050 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt C pada kelas G2 sebesar 27,2000 nilai rata-rata (mean) Treatmentt C pada kelas G3 sebesar 22,4000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment C tidak efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa


Kesimpulan
1.       Treatmen A efektif untuk meningkatkan prestasi belajar pada kelas 3G1 dan 3G2
2.       Treatmen B efektif untuk meningkatkan prestasi belajar pada kelas 3G1 dan 3G2
3.       Treatmen C efektif untuk meningkatkan prestasi belajar pada kelas 3G1 dan 3G2




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.