Uji Two-Way ANOVA
Seorang peneliti ingin mengetahui perbedaan
prestasi belajar ditinjau dari treatment 1 (A). treatment 2 (B) dan treatment 3
(C). serta ditinjau pula dari kelas G1,G2.dan G3 yang kemudian diambillah
subjek sebanyak 90,berikut datanya
KELAS
|
3G1
|
3G2
|
3G3
|
|
21
|
20
|
22
|
|
23
|
20
|
12
|
|
23
|
27
|
23
|
A
|
21
|
25
|
43
|
|
23
|
25
|
23
|
|
21
|
25
|
21
|
|
23
|
25
|
23
|
|
21
|
25
|
23
|
|
23
|
26
|
21
|
|
21
|
26
|
23
|
|
22
|
27
|
21
|
|
24
|
27
|
23
|
|
23
|
28
|
21
|
B
|
21
|
20
|
22
|
|
23
|
20
|
22
|
|
23
|
27
|
12
|
|
21
|
25
|
23
|
|
23
|
25
|
43
|
|
21
|
25
|
23
|
|
23
|
25
|
21
|
|
21
|
25
|
23
|
|
23
|
26
|
23
|
|
21
|
26
|
21
|
C
|
22
|
27
|
23
|
|
24
|
27
|
21
|
|
23
|
28
|
23
|
|
22
|
29
|
21
|
|
20
|
6
|
22
|
|
33
|
33
|
24
|
|
44
|
45
|
23
|
ü HIPOTESIS
1. Hipotesis mayor 1 : prestasi belajar dari tertement
Ho : A = B = C
Ho : A # B # C
Hipotesis minor 1
A VS B
A VS C
B VS C
2. Hipotesis mayor II :
Ho : GI = G2 = G3
Ha : G1# G2 # G3
Hipoesis minor II :
G1 VS G2
G1 VS G3
G2 VS G3
3. Hipotesis mayor III :
Ho : AG1 = AG2 = AG3
Ha : AG1 # AG2 # AG3
Hipotesis minor III :
AGI VS AG2
AG1 VS AG3
AG2 VS AG3
4. Hipotesis mayor IV :
Ho : BG1 = BG2 = BG3
Ha : BG1 # BG2 # BG3
Hipotesis minor IV
BG1 VS BG2
BGI VS BG3
BG2 VS BG3
5. Hipotesis mayor V :
Ho : CGI = CG2 = CG3
Ha : CG1 # CG2 # CG3
Hipotesis minor V
CG1 VS CG2
CGI VS CG3
CG2 VS CG3
ü KAIDAH
Ho : diterima jika
signifikasi > 0,05
Ha : diterima jika signifikasi
< 0,05
ü PROSES ANALIS
-
Masukkan data ke spss kemudian
berilah nama pada variabel yang diperlukan klik variabel view > klik
name variabel menjadi kelas serta
mengisi valuenya dena I = GI ,2 =G2, 3 G3 da variabel yang kedua menjadi treatment
disertai dengan mengisi valuenya dengan 1 = treatment 1, 2 = tertatment 2, 3 =
treatment 3. Kemudian yang variabel yang ketiga diganti menjadi prestasi
belajar kemudian kembali ke data view.
-
Memulai analisis dengan mengklik anilize
> general linier model > univariate
-
Masukkan variabel prestasi
belajar ke dalam kotak dependen variabele dan masukkanlah variabel kelas
dan treatment ke dalam kotak fixed factor
-
Mengklik post hock dan memindahka
variabel kelas dan treatment dari faktor ke post hock test for > Scheffe
> continue
-
Mengklik option kemudian memindah
OVERALL ke kotak display mean for > aktifkan descriptife statistic
dan homogeneity test > continue > 0K
Hasil
SPSS
Between-Subjects Factors
|
||||||||||||
|
|
Value Label
|
N
|
|||||||||
Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
1
|
3G1
|
30
|
|||||||||
2
|
3G2
|
30
|
||||||||||
3
|
3G3
|
30
|
||||||||||
Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
|
1
|
Treatmen A
|
30
|
|||||||||
2
|
Treatmen B
|
30
|
||||||||||
3
|
Treatmen C
|
30
|
||||||||||
Descriptive Statistics
|
||||||||||||
Dependent Variable:Prestasi Belajar
|
|
|||||||||||
Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
|
Mean
|
Std. Deviation
|
N
|
||||||||
3G1
|
Treatmen A
|
22.0000
|
1.05409
|
10
|
||||||||
Treatmen B
|
22.4000
|
1.07497
|
10
|
|||||||||
Treatmen C
|
25.3000
|
7.51369
|
10
|
|||||||||
Total
|
23.2333
|
4.52337
|
30
|
|||||||||
3G2
|
Treatmen A
|
24.4000
|
2.41293
|
10
|
||||||||
Treatmen B
|
24.9000
|
2.80674
|
10
|
|||||||||
Treatmen C
|
27.2000
|
9.49620
|
10
|
|||||||||
Total
|
25.5000
|
5.81170
|
30
|
|||||||||
3G3
|
Treatmen A
|
23.4000
|
7.66232
|
10
|
||||||||
Treatmen B
|
23.1000
|
7.70930
|
10
|
|||||||||
Treatmen C
|
22.4000
|
1.07497
|
10
|
|||||||||
Total
|
22.9667
|
6.09965
|
30
|
|||||||||
Total
|
Treatmen A
|
23.2667
|
4.62328
|
30
|
||||||||
Treatmen B
|
23.4667
|
4.73238
|
30
|
|||||||||
Treatmen C
|
24.9667
|
7.06367
|
30
|
|||||||||
Total
|
23.9000
|
5.57694
|
90
|
|||||||||
Levene's Test of Equality
of Error Variancesa
|
||||||||||||
Dependent Variable:Prestasi Belajar
|
||||||||||||
F
|
df1
|
df2
|
Sig.
|
|||||||||
1.725
|
8
|
81
|
.105
|
|||||||||
Tests the null hypothesis that the error
variance of the dependent variable is equal across groups.
|
||||||||||||
a. Design: Intercept + Kelas + Treatmen + Kelas *
Treatmen
|
||||||||||||
Tests of Between-Subjects
Effects
|
|||||
Dependent Variable:Prestasi Belajar
|
|
|
|
||
Source
|
Type III Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Corrected Model
|
231.000a
|
8
|
28.875
|
.922
|
.503
|
Intercept
|
51408.900
|
1
|
51408.900
|
1.641E3
|
.000
|
Kelas
|
116.267
|
2
|
58.133
|
1.856
|
.163
|
Treatmen
|
51.800
|
2
|
25.900
|
.827
|
.441
|
Kelas * Treatmen
|
62.933
|
4
|
15.733
|
.502
|
.734
|
Error
|
2537.100
|
81
|
31.322
|
|
|
Total
|
54177.000
|
90
|
|
|
|
Corrected Total
|
2768.100
|
89
|
|
|
|
a. R Squared = .083 (Adjusted R Squared = -.007)
|
|
|
Estimated Marginal Means
Grand Mean
|
|||
Dependent Variable:Prestasi Belajar
|
|
||
Mean
|
Std. Error
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
||
23.900
|
.590
|
22.726
|
25.074
|
Post Hoc Tests
Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
Multiple Comparisons
|
||||||
Prestasi Belajar
Scheffe
|
|
|
|
|
||
(I) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
(J) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
Mean Difference (I-J)
|
Std. Error
|
Sig.
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
|||||
3G1
|
3G2
|
-2.2667
|
1.44504
|
.298
|
-5.8702
|
1.3369
|
3G3
|
.2667
|
1.44504
|
.983
|
-3.3369
|
3.8702
|
|
3G2
|
3G1
|
2.2667
|
1.44504
|
.298
|
-1.3369
|
5.8702
|
3G3
|
2.5333
|
1.44504
|
.221
|
-1.0702
|
6.1369
|
|
3G3
|
3G1
|
-.2667
|
1.44504
|
.983
|
-3.8702
|
3.3369
|
3G2
|
-2.5333
|
1.44504
|
.221
|
-6.1369
|
1.0702
|
|
Based on observed means.
The error
term is Mean Square(Error) = 31.322.
|
|
|
Homogeneous Subsets
Prestasi Belajar
|
||
Scheffe
|
|
|
Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
N
|
Subset
|
1
|
||
3G3
|
30
|
22.9667
|
3G1
|
30
|
23.2333
|
3G2
|
30
|
25.5000
|
Sig.
|
|
.221
|
Means for groups in homogeneous subsets are displayed.
Based on
observed means.
The error
term is Mean Square(Error) = 31.322.
|
Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
Multiple Comparisons
|
||||||
Prestasi Belajar
Scheffe
|
|
|
|
|
|
|
(I) Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
|
(J) Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
|
Mean Difference (I-J)
|
Std. Error
|
Sig.
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
|||||
Treatmen A
|
Treatmen B
|
-.2000
|
1.44504
|
.990
|
-3.8035
|
3.4035
|
Treatmen C
|
-1.7000
|
1.44504
|
.504
|
-5.3035
|
1.9035
|
|
Treatmen B
|
Treatmen A
|
.2000
|
1.44504
|
.990
|
-3.4035
|
3.8035
|
Treatmen C
|
-1.5000
|
1.44504
|
.586
|
-5.1035
|
2.1035
|
|
Treatmen C
|
Treatmen A
|
1.7000
|
1.44504
|
.504
|
-1.9035
|
5.3035
|
Treatmen B
|
1.5000
|
1.44504
|
.586
|
-2.1035
|
5.1035
|
|
Based on observed means.
The error
term is Mean Square(Error) = 31.322.
|
|
|
|
Homogeneous Subsets
Prestasi Belajar
|
||
Scheffe
|
|
|
Treatmen A, Treatmen B, Treatmen C
|
N
|
Subset
|
1
|
||
Treatmen A
|
30
|
23.2667
|
Treatmen B
|
30
|
23.4667
|
Treatmen C
|
30
|
24.9667
|
Sig.
|
|
.504
|
|
Oneway
Descriptives
|
||||||||
Treatmen A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
N
|
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Error
|
95% Confidence Interval
for Mean
|
Minimum
|
Maximum
|
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
||||||
3G1
|
10
|
22.0000
|
1.05409
|
.33333
|
21.2459
|
22.7541
|
21.00
|
23.00
|
3G2
|
10
|
24.4000
|
2.41293
|
.76303
|
22.6739
|
26.1261
|
20.00
|
27.00
|
3G3
|
10
|
23.4000
|
7.66232
|
2.42304
|
17.9187
|
28.8813
|
12.00
|
43.00
|
Total
|
30
|
23.2667
|
4.62328
|
.84409
|
21.5403
|
24.9930
|
12.00
|
43.00
|
Test of Homogeneity of
Variances
|
|||
Treatmen A
|
|
|
|
Levene Statistic
|
df1
|
df2
|
Sig.
|
1.564
|
2
|
27
|
.228
|
ANOVA
|
|||||
Treatmen A
|
|
|
|
|
|
|
Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Between Groups
|
29.067
|
2
|
14.533
|
.664
|
.523
|
Within Groups
|
590.800
|
27
|
21.881
|
|
|
Total
|
619.867
|
29
|
|
|
|
Post Hoc Tests
Multiple Comparisons
|
||||||
Treatmen A
Scheffe
|
|
|
|
|
|
|
(I) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
(J) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
Mean Difference (I-J)
|
Std. Error
|
Sig.
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
|||||
3G1
|
3G2
|
-2.40000
|
2.09196
|
.526
|
-7.8182
|
3.0182
|
3G3
|
-1.40000
|
2.09196
|
.801
|
-6.8182
|
4.0182
|
|
3G2
|
3G1
|
2.40000
|
2.09196
|
.526
|
-3.0182
|
7.8182
|
3G3
|
1.00000
|
2.09196
|
.892
|
-4.4182
|
6.4182
|
|
3G3
|
3G1
|
1.40000
|
2.09196
|
.801
|
-4.0182
|
6.8182
|
3G2
|
-1.00000
|
2.09196
|
.892
|
-6.4182
|
4.4182
|
Homogeneous Subsets
Treatmen A
|
|||||||||
Scheffe
|
|
||||||||
Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
N
|
Subset for alpha = 0.05
|
|||||||
1
|
|||||||||
3G1
|
10
|
22.0000
|
|||||||
3G3
|
10
|
23.4000
|
|||||||
3G2
|
10
|
24.4000
|
|||||||
Sig.
|
|
.526
|
|||||||
Means for groups in homogeneous subsets are
displayed.
|
|||||||||
Descriptives
|
|||||||||
Treatmen B
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
N
|
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Error
|
95% Confidence Interval
for Mean
|
Minimum
|
Maximum
|
||
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
|||||||
3G1
|
10
|
22.4000
|
1.07497
|
.33993
|
21.6310
|
23.1690
|
21.00
|
24.00
|
|
3G2
|
10
|
24.9000
|
2.80674
|
.88757
|
22.8922
|
26.9078
|
20.00
|
28.00
|
|
3G3
|
10
|
23.1000
|
7.70930
|
2.43790
|
17.5851
|
28.6149
|
12.00
|
43.00
|
|
Total
|
30
|
23.4667
|
4.73238
|
.86401
|
21.6996
|
25.2338
|
12.00
|
43.00
|
|
Test of Homogeneity of
Variances
|
|||
Treatmen B
|
|
|
|
Levene Statistic
|
df1
|
df2
|
Sig.
|
1.591
|
2
|
27
|
.222
|
ANOVA
|
|||||
Treatmen B
|
|
|
|
|
|
|
Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Between Groups
|
33.267
|
2
|
16.633
|
.729
|
.492
|
Within Groups
|
616.200
|
27
|
22.822
|
|
|
Total
|
649.467
|
29
|
|
|
|
Post Hoc Tests
Multiple Comparisons
|
||||||
Treatmen B
Scheffe
|
|
|
|
|
|
|
(I) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
(J) Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
Mean Difference (I-J)
|
Std. Error
|
Sig.
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
|||||
3G1
|
3G2
|
-2.50000
|
2.13646
|
.513
|
-8.0335
|
3.0335
|
3G3
|
-.70000
|
2.13646
|
.948
|
-6.2335
|
4.8335
|
|
3G2
|
3G1
|
2.50000
|
2.13646
|
.513
|
-3.0335
|
8.0335
|
3G3
|
1.80000
|
2.13646
|
.704
|
-3.7335
|
7.3335
|
|
3G3
|
3G1
|
.70000
|
2.13646
|
.948
|
-4.8335
|
6.2335
|
3G2
|
-1.80000
|
2.13646
|
.704
|
-7.3335
|
3.7335
|
Homogeneous Subsets
Treatmen B
|
||
Scheffe
|
|
|
Kelas 3G1, Kelas 3G2, Kelas 3G3
|
N
|
Subset for alpha = 0.05
|
1
|
||
3G1
|
10
|
22.4000
|
3G3
|
10
|
23.1000
|
3G2
|
10
|
24.9000
|
Sig.
|
|
.513
|
Means for groups in homogeneous subsets are
displayed.
|
Descriptives
|
||||||||
Treatmen C
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
N
|
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Error
|
95% Confidence Interval
for Mean
|
Minimum
|
Maximum
|
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
||||||
3G1
|
10
|
25.3000
|
7.51369
|
2.37604
|
19.9250
|
30.6750
|
20.00
|
44.00
|
3G2
|
10
|
27.2000
|
9.49620
|
3.00296
|
20.4068
|
33.9932
|
6.00
|
45.00
|
3G3
|
10
|
22.4000
|
1.07497
|
.33993
|
21.6310
|
23.1690
|
21.00
|
24.00
|
Total
|
30
|
24.9667
|
7.06367
|
1.28964
|
22.3290
|
27.6043
|
6.00
|
45.00
|
Test of Homogeneity of
Variances
|
|||
Treatmen C
|
|
|
|
Levene Statistic
|
df1
|
df2
|
Sig.
|
2.207
|
2
|
27
|
.130
|
ANOVA
|
|||||
Treatmen C
|
|
|
|
|
|
|
Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Between Groups
|
116.867
|
2
|
58.433
|
1.186
|
.321
|
Within Groups
|
1330.100
|
27
|
49.263
|
|
|
Total
|
1446.967
|
29
|
|
|
|
Post Hoc Tests
Multiple Comparisons
|
||||||
Treatmen C
Scheffe
|
|
|
|
|
|
|
(I) Kelas 3G1, kelas 3G2, Kelas 3G3
|
(J) Kelas 3G1, kelas 3G2, Kelas 3G3
|
Mean Difference (I-J)
|
Std. Error
|
Sig.
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
|||||
3G1
|
3G2
|
-1.90000
|
3.13888
|
.834
|
-10.0298
|
6.2298
|
3G3
|
2.90000
|
3.13888
|
.657
|
-5.2298
|
11.0298
|
|
3G2
|
3G1
|
1.90000
|
3.13888
|
.834
|
-6.2298
|
10.0298
|
3G3
|
4.80000
|
3.13888
|
.326
|
-3.3298
|
12.9298
|
|
3G3
|
3G1
|
-2.90000
|
3.13888
|
.657
|
-11.0298
|
5.2298
|
3G2
|
-4.80000
|
3.13888
|
.326
|
-12.9298
|
3.3298
|
Homogeneous Subsets
Treatmen C
|
||
Scheffe
|
|
|
Kelas 3G1, kelas 3G2, Kelas 3G3
|
N
|
Subset for alpha = 0.05
|
1
|
||
3G3
|
10
|
22.4000
|
3G1
|
10
|
25.3000
|
3G2
|
10
|
27.2000
|
Sig.
|
|
.326
|
Means for groups in homogeneous subsets are displayed.
|
Interpretasi
Interpretasi Output
SPSS
Ø Pada tabel Between –
Subject Factors memberikan informasi tentang variabel-variabel independent
serta pelabelannya.
Ø Pada tabel Descriptive
Statistic memuat deskirptiv tentang data masing-masing variabel meliputi
banyaknya data, mean, standart deviasi.
Ø Pada tabel Levene’s
Test of Equality of Error Variances(a) memuat data hasil analisis uji
kehomogenan varian populasi dan taraf signifikansi.
Hipotesis :
Ho : Variansi data prestasi belajar mahasiswa adalah sama
Ha : Variansi data prestasi belajar mahasiswa adalah berbeda
Keputusan :
·
Jika signifikansi > 0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak
·
Jika signifikansi < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima
Dari tabel Levene’s Test of Equality of Error Variances(a)
diperoleh signifikansi sebesar 0.105, karena signifikansi > 0.05 maka
Ho diterima yang artinya Variansi data
prestasi belajar mahasiswa adalah sama .
Setelah variansi prestasi belajar mahasiswa adalah berbeda, baru
dilanjutkan uji ANOVA untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang berarti
rata-rata prestasi belajar mahasiswa psikologi kelas G1, G2 dan G3
Hipotesis (Treatment)
Ma 1
Ho : A = B = C
Rata rata prestasi mahasiswa antar treatmen A, B dan C adalah sama
Ha : A ≠ B ≠ C
Rata rata prestasi mahasiswa antar treatmen A, B dan C adalah
berbeda
M1 : A vs B
Ho : A = B
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang
diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment B
Ha : A ≠ B
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang
diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment B
M2 : A vs C
Ho : A = C
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang
diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment C
Ha : A ≠ C
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang
diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment C
M3 : B vs C
Ho : B = C
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang
diberikan Treatment A dengan yang diberikan Treatment C
Ha : B ≠ C
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang
diberikan Treatment B dengan yang diberikan Treatment C
Perbedaan rata rata prestasi mahasiswa
antar treatmen A, B dan C
Berdasarkan tabel Tests of Between-subject Effects tersebut
diatas diperoleh harga F sebesar 1,856 dan signifikansi sebesar 0.441 karena
signifikansi > 0,05 maka Ho diterima yang artinya Rata rata prestasi
mahasiswa antar treatmen A, B dan C adalah sama atau dapat diartikan juga
dengan tidak terdapat perbedaan yang
signifikan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan treatment A, B dan
C.
·
Pada tabel Post
Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Treatment pada baris
pertama yang menguji perbedaan Treatment A dengan Treatment B
diperoleh hasil sebagai berikut :
·
Pada kolom Mean
Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga -0.2000 Angka ini berasal
dari mean Treatment A dikurangi mean Treatment B atau 23.2667– 23.4667= -0,2000 (lihat tabel Descriptive
Statistic)
·
Pada kolom 95% Convidence Interval terlihat range
perbedaan meannya berkisar antara -3.8035 hingga 3.4035
·
Pada kasus ini terlihat signifikansinya sebesar 0,990 > 0.050
dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya Tidak Terdapat
perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment A dengan
yang diberikan Treatment B
·
Pada tabel Post Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Treatment
pada baris pertama yang menguji perbedaan Treatment A dengan Treatment
C diperoleh hasil sebagai berikut :
·
Pada kolom Mean
Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga -1.7000. Angka ini berasal dari mean Treatment
A dikurangi mean Treatment C atau 23,667 – 24.9667= -1,7000 (lihat tabel Descriptive
Statistic)
·
Pada kolom 95%
Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar antara
-5.3035 hingga 1.9035
·
Pada kasus ini terlihat signifikansinya sebesar 0.504 > 0.050
dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat
perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa yang diberikan Treatment A dengan
yang diberikan Treatment C
·
Pada tabel Post
Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Treatment pada baris
kedua yang menguji perbedaan Treatment B dengan Treatment C
diperoleh hasil sebagai berikut :
·
Pada kolom Mean
Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga -1,5000. Angka ini
berasal dari mean Treatment B dikurangi mean Treatment C atau
23,4667– 24,9667 = -1,5000 (lihat tabel Descriptive Statistic)
·
Pada kolom 95%
Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar antara
-5.1035 hingga 2.1035
·
Pada kasus ini
terlihat signifikansinya sebesar 0.586 > 0.050 dengan demikian Ho diterima
dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar
mahasiswa yang diberikan Treatment B dengan yang diberikan Treatment C
Hipotesis (Kelas)
Ma II
Ho : G1 = G2 = G3
Rata rata prestasi belajar mahasiswa antar kelas G1, G2 dan G3
adalah sama
Ha : G1 ≠ G2 ≠ G3
Rata rata prestasi belajar mahasiswa antar kelas G1, G2 dan G3
adalah berbeda
M1 : G1 vs G2
Ho : G1 = G2
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas
G1 dan kelas G2
Ha : G1 ≠ G2
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1 dan
kelas G2
M2 : G1 vs G3
Ho : G1 = G3
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas
G1 dan kelas G3
Ha : G1 ≠ G3
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1 dan
kelas G3
M3 : G2 vs G3
Ho : G2 = G3
Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas
G2 dan kelas G3
Ha : G2 ≠ G3
Terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G2 dan
kelas G3
Perbedaan rata rata prestasi mahasiswa
antar kelas G1, G2 dan G3
Berdasarkan tabel Tests of Between-subject Effects tersebut
diatas diperoleh harga F sebesar 3.350 dan signifikansi sebesar 0,163 karena
signifikansi > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya Rata rata prestasi mahasiswa
antar kelas G1, G2 dan G3 adalah sama atau dapat diartikan juga dengan tidak
terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1,
G2 dan G3.
·
Pada tabel Post
Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Kelas pada baris
pertama yang menguji perbedaan Kelas G1 dengan Kelas G2
diperoleh hasil sebagai berikut :
·
Pada kolom Mean Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh
harga -2,2667. Angka ini berasal
dari mean Kelas G1 dikurangi mean Kelas G2 atau 23,2333– 25.5000= -2,2667 (lihat tabel Descriptive
Statistic)
·
Pada kolom 95%
Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar antara
-5.8702 hingga 1,3369
·
Pada kasus ini terlihat
signifikansinya sebesar 0,298> 0.050 dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang
artinya Tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mahasiswa kelas G1
dengan kelas G2
·
Pada tabel Post
Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Kelas pada baris pertama
yang menguji perbedaan Kelas G1 dengan Kelas G3 diperoleh hasil
sebagai berikut :
·
Pada kolom Mean
Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga 0,2667. Angka ini berasal dari mean Kelas
G1 dikurangi mean Kelas G3 atau 23,2333 – 22.9667= 0,2667 (lihat tabel Descriptive
Statistic)
·
Pada kolom 95%
Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar -3,3369 hingga 3,8702
·
Pada kasus ini
terlihat signifikansinya sebesar 0.983 > 0.050 dengan demikian Ho diterima
dan Ha ditolak yang artinya Tidak Terdapat perbedaan antara prestasi belajar
mahasiswa kelas G1 dengan kelas G3
·
Pada tabel Post
Hoc Test hasil uji Scheffe untuk Kelas pada baris kedua
yang menguji perbedaan Kelas G2 dengan Kelas G3 diperoleh hasil
sebagai berikut :
·
Pada kolom Mean
Differences (perbedaan rata-rata) diperoleh harga 2,5333. Angka ini berasal dari mean Kelas
G2 dikurangi mean Kelas G3 atau 25,5000– 22,9667 =
2,5333 (lihat tabel Descriptive Statistic)
·
Pada kolom 95%
Convidence Interval terlihat range perbedaan meannya berkisar -1.0702 hingga 6.1369
·
Pada kasus ini
terlihat signifikansinya sebesar 0.221 > 0.050 dengan demikian Ho diterima
dan Ha ditolak yang artinya tidak Terdapat perbedaan antara prestasi belajar
mahasiswa kelas G2 dengan kelas G3
Hipotesis (Interaksi Kelas
dan Treatment)
Ho : Tidak terdapat interaksi antar kelas G1, G2 dan G3 dengan
Treatment A, B dan C terhadap Prestasi belajar mahasiswa.
Ha : Terdapat interaksi antar kelas G1, G2 dan G3 dengan Treatment
A, B dan C terhadap Prestasi belajar mahasiswa.
Perbedaan prestasi belajar berdasarkan
interaksi kelas dan Treatment
Berdasarkan tabel Test of Between-Subject Effect tersebut
diatas diperoleh harga F sebesar 0,503 dengan signifikansi sebesar 0.732>
0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya Tidak terdapat interaksi
antar kelas G1, G2 dan G3 dengan Treatment A, B dan C terhadap Prestasi belajar
mahasiswa
Pada tabel Grand Mean dapat dilihat besarnya mean,
standart error dan convidence interval mean dari data yang ada.
Hipotesis (Treatment
Terhadap Kelas)
Ma III
Ho : A G1 = G2 = G3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada
kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
Ha : A G1 ≠ G2 ≠ G3
Terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas
G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
M1 : AG1 vs AG2
Ho : AG1 = AG2
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada
kelas G1 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata
hasil prestasi belajar
Ha : AG1 ≠ AG2
Terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1
dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata hasil
prestasi belajar
M2 : AG1 vs AG3
Ho : AG1 = AG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada
kelas G1 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata
hasil prestasi belajar
Ha : AG1 ≠ AG3
Terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1
dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil
prestasi belajar
M3 : AG2 vs AG3
Ho : AG2 = AG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada
kelas G2 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata
hasil prestasi belajar
Ha : AG2 ≠ AG3
Terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G3
dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil
prestasi belajar
Perbedaan hasil Treatmen Terhadap kelas
Pada tabel Descriptive memuat
banyaknya data tentang efektifitas Treatment A yang diterapkan pada
kelas G1 sebanyak 10, kelas G2 sebanyak 10 dan kelas G3 sebanyak 10.
Rata-rata efektifitas Treatment A yang diterapkan pada kelas G1
sebesar 22,0000
Rata-rata efektifitas Treatment A yang diterapkan pada kelas G2
sebesar 24,4000
Rata-rata efektifitas Treatment A yang diterapkan pada kelas G3
sebesar 23,4000
Berdasarkan tabel ANOVA diperoleh signifikansi 0,523
> 0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya Tidak terdapat
perbedaan antara Treatment A yang diberikan pada kelas G1, G2 dan G3 terhadap
rata-rata prestasi belajar
Berdasarkan hasil analisis dari Post Hoc – Scheffe pada
tabel Multiple Comparation maka dapat di interpretasikan sebagai
berikut.
·
Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen A yang
diterapkan pada kelas G1 dan G2 sebesar -2,40000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat
perbedaan antara treatmen A yang diterapkan pada kelas G1 dan G2. Dan diperoleh
juga signifikansi sebesar 0,526 > 0.050 maka Ho diterima dan Ha
ditolak yang artinya Tidak terdapat perbedaan antara Treatment A yang diberikan
pada kelas G1 dengan Treatment A yang diberikan pada kelas G2 terhadap
rata-rata hasil prestasi belajar terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai
rata-rata (mean) Treatmentt A pada kelas G1 sebesar 22.000 dan nilai
rata-rata (mean) Treatmentt A pada kelas G2 sebesar 24,400 . Maka dapat
disimpulkan bahwa treatment A
lebih efektiv diterapkan pada kelas G2 dalam meningkatkan prestasi belajar
mahasiswa
·
Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen A yang
diterapkan pada kelas G1 dan G3 sebesar -1,40000. Hal ini menunjukkan tidak terdapat
perbedaan antara treatmen A yang diterapkan pada kelas G1 dan G3. Dan diperoleh
juga signifikansi sebesar 0, 801 > 0.050 maka Ho diterima dan Ha
ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara treatmen A
yang diterapkan pada kelas G1 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
mahasiswa.
Berdasarkan nilai
rata-rata (mean) Treatmentt A pada kelas G1 sebesar 22,0000 dan nilai
rata-rata (mean) Treatmentt A pada kelas G3 sebesar 23,4000 . Maka dapat
disimpulkan bahwa treatment A lebih efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam
meningkatkan prestasi belajar mahasiswa
·
Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen A yang
diterapkan pada kelas G2 dan G3 sebesar 1,90000. Hal ini menunjukkan tidak
terdapat perbedaan antara treatmen A yang diterapkan pada kelas G2 dan G3. Dan
diperoleh juga signifikansi sebesar 0,892 > 0.050 maka Ho diterima
dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
treatmen A yang diterapkan pada kelas G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi
belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt A
pada kelas G2 sebesar 24,400 dan nilai rata-rata (mean) Treatmentt A pada
kelas G3 sebesar 23,4000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment A tidak
efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa
Hipotesis (Treatment
Terhadap Kelas)
Ma IV
Ho : B G1 = G2 = G3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada
kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
Ha : B G1 ≠ G2 ≠ G3
Terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas
G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
M1 : BG1 vs BG2
Ho : BG1 = BG2
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada
kelas G1 dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata
hasil prestasi belajar
Ha : BG1 ≠ BG2
Terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G1
dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata hasil
prestasi belajar
M2 : BG1 vs BG3
Ho : BG1 = BG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada
kelas G1 dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata
hasil prestasi belajar
Ha : BG1 ≠ BG3
Terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G1
dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil
prestasi belajar
M3 : BG2 vs BG3
Ho : BG2 = BG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada
kelas G2 dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata
hasil prestasi belajar
Ha : BG2 ≠ BG3
Terdapat perbedaan antara Treatment B yang diberikan pada kelas G2
dengan Treatment B yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil
prestasi belajar
Perbedaan hasil Treatmen Terhadap kelas
Pada tabel Descriptive memuat banyaknya data tentang efektifitas
Treatment B yang diterapkan pada kelas G1 sebanyak 10, kelas G2 sebanyak 10 dan
kelas G3 sebanyak 10.
Rata-rata efektifitas Treatment B yang diterapkan pada kelas G1
sebesar 22,40000
Rata-rata efektifitas Treatment B yang diterapkan pada kelas G2
sebesar 24,9000
Rata-rata efektifitas Treatment B yang diterapkan pada kelas G3
sebesar 23,1000
Berdasarkan tabel ANOVA diperoleh signifikansi 0,492
>0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat
perbedaan yang signifikan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G1, G2
dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan hasil analisis dari Post Hoc – Scheffe pada
tabel Multiple Comparation maka dapat di interpretasikan sebagai
berikut.
·
Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen B yang
diterapkan pada kelas G1 dan G2 sebesar -2,50000. Hal ini menunjukkan tidak
terdapat perbedaan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G1 dan G2. Dan
diperoleh juga signifikansi sebesar 0,513 > 0.050 maka Ho diterima
dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
treatmen B yang diterapkan pada kelas G1 dan G2 terhadap rata-rata prestasi
belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B
pada kelas G1 sebesar 22,4000 dan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B pada
kelas G2 sebesar 24,9000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment B lebih
efektiv diterapkan pada kelas G2 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa
·
Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen B yang
diterapkan pada kelas G1 dan G3 sebesar -0,70000. Hal ini menunjukkan tidak
terdapat perbedaan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G1 dan G3. Dan
diperoleh juga signifikansi sebesar 0,948 > 0.050 maka Ho diterima
dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
treatmen B yang diterapkan pada kelas G1 dan G3 terhadap rata-rata prestasi
belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B
pada kelas G1 sebesar 22,4000 dan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B pada
kelas G3 sebesar 23,1000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment B lebih
efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa
·
Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen B yang
diterapkan pada kelas G2 dan G3 sebesar 1,80000. Hal ini menunjukkan tidak
terdapat perbedaan antara treatmen B yang diterapkan pada kelas G2 dan G3. Dan
diperoleh juga signifikansi sebesar 0,704> 0.050 maka Ho diterima dan
Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
treatmen B yang diterapkan pada kelas G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi
belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B
pada kelas G2 sebesar 24,9900 dan nilai rata-rata (mean) Treatmentt B pada
kelas G3 sebesar 23,1000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment B tidak efektiv diterapkan pada kelas G3
dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa
Hipotesis (Treatment
Terhadap Kelas)
Ma V
Ho : C G1 = G2 = G3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada
kelas G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
Ha : C G1 ≠ G2 ≠ G3
Terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas
G1, G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar
M1 : CG1 vs CG2
Ho : CG1 = CG2
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada
kelas G1 dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata
hasil prestasi belajar
Ha : CG1 ≠ CG2
Terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G1
dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G2 terhadap rata-rata hasil
prestasi belajar
M2 : CG1 vs CG3
Ho : CG1 = CG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada
kelas G1 dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata
hasil prestasi belajar
Ha : CG1 ≠ CG3
Terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G1
dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil
prestasi belajar
M3 : CG2 vs CG3
Ho : CG2 = CG3
Tidak terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada
kelas G2 dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata
hasil prestasi belajar
Ha : CG2 ≠ CG3
Terdapat perbedaan antara Treatment C yang diberikan pada kelas G2
dengan Treatment C yang diberikan pada kelas G3 terhadap rata-rata hasil
prestasi belajar
Perbedaan hasil Treatmen Terhadap kelas
Pada tabel Descriptive memuat banyaknya data tentang efektifitas
Treatment C yang diterapkan pada kelas G1 sebanyak 10, kelas G2 sebanyak
10 dan kelas G3 sebanyak 10.
Rata-rata efektifitas Treatment C yang diterapkan pada kelas G1
sebesar 25,3000
Rata-rata efektifitas Treatment C yang diterapkan pada kelas G2
sebesar 27,2000
Rata-rata efektifitas Treatment C yang diterapkan pada kelas G3
sebesar 22,4000
Berdasarkan tabel ANOVA diperoleh signifikansi 0.321
> 0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak terdapat
perbedaan yang signifikan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G1, G2
dan G3 terhadap rata-rata prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan hasil analisis dari Post Hoc – Scheffe pada
tabel Multiple Comparation maka dapat di interpretasikan sebagai
berikut.
·
Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen C yang
diterapkan pada kelas G1 dan G2 sebesar -1,90000. Hal ini menunjukkan tidak
terdapat perbedaan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G1 dan G2. Dan
diperoleh juga signifikansi sebesar 0,834 > 0.050 maka Ho diterima
dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
treatmen C yang diterapkan pada kelas G1 dan G2 terhadap rata-rata prestasi
belajar mahasiswa
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt C
pada kelas G1 sebesar 25,3000 nilai rata-rata (mean) Treatmentt C pada kelas G2
sebesar 27,2000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment C lebih efektiv
diterapkan pada kelas G1 dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.
·
Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen C yang
diterapkan pada kelas G1 dan G3 sebesar 2,90000. Hal ini menunjukkan tidak
terdapat perbedaan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G1 dan G3. Dan
diperoleh juga signifikansi sebesar 0,657 > 0.050 maka Ho diterima
dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
treatmen C yang diterapkan pada kelas G1 dan G3 terhadap rata-rata prestasi
belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt C
pada kelas G1 sebesar 25,3000 nilai rata-rata (mean) Treatmentt C pada kelas G3
sebesar 22,4000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment C tidak efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam meningkatkan prestasi
belajar mahasiswa
·
Perbedaan rata-rata (mean different) treatmen C yang
diterapkan pada kelas G2 dan G3 sebesar 4,80000. Hal ini menunjukkan tidak
terdapat perbedaan antara treatmen C yang diterapkan pada kelas G2 dan G3. Dan
diperoleh juga signifikansi sebesar 0,326 > 0.050 maka Ho diterima
dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
treatmen C yang diterapkan pada kelas G2 dan G3 terhadap rata-rata prestasi
belajar mahasiswa.
Berdasarkan nilai rata-rata (mean) Treatmentt C
pada kelas G2 sebesar 27,2000 nilai rata-rata (mean) Treatmentt C pada kelas G3
sebesar 22,4000 . Maka dapat disimpulkan bahwa treatment C tidak efektiv diterapkan pada kelas G3 dalam meningkatkan prestasi
belajar mahasiswa
Kesimpulan
1. Treatmen A efektif untuk meningkatkan prestasi belajar pada kelas
3G1 dan 3G2
2. Treatmen B efektif untuk meningkatkan prestasi belajar pada kelas
3G1 dan 3G2
3. Treatmen C efektif untuk meningkatkan prestasi belajar pada kelas
3G1 dan 3G2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.