Selasa, 24 September 2013

Uji One-Way ANOVA



Uji One-Way ANOVA
Seorang peneliti ingin mengetahui efektifitas metoda pembelajaran dengan menggunakan metode mendengar, membaca dan menghafal. Untuk itu, peneliti melakukan eksperimen untuk menguji efektifitas ketiga metode tersebut, kemudian diambil 30 subjek sebagai sampel, masing-masing metoda terdapat 10 subjek, setelah dilakukan pengukuran diperolehlah data sebagai berikut :
Mendengar
Membaca
Menghafal
21
22
25
23
24
25
23
23
25
21
21
26
23
23
26
21
20
27
23
20
27
21
27
28
23
25
20
21
25
20

Berdasarkan data tersebut di atas maka, disusunlah hipotesis sebagai berikut :
Hipotesis
Ho: μa=μb=μc
Tidak terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar pada mahasiswa pada masing-masing metode
Ha: μa≠μb≠μc
Terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar pada mahasiswa pada masing-masing metode
Analisis Data
Ø  Copy data yang sudah terinput dari Ms. Excel. Pada kolom Name isi dengan Prestasi dan Metode. Pada kolom Label isikan dengan Prestasi Mahasiswa dan Metode Belajar. Pada kolom Values  pada baris Jenis kelamin isikan keterangan 1 adalah mendengar, 2 adalah membaca, dan 3 adalah menghafal.
Ø  Klik Analyze?Compare Means?One-Way ANOVA. Setelah keluar kotak dialognya, klik variabel Prestasi Mahasiswa ke kotak Dependent List dan Metode belajar ke Factor. Kemudian klik Post Hoc?LSD, Klik continue. Klik Options, pilih Descriptive dan Homogenity Of Varians. Klik Continue dan Ok. Dan akan muncul hasil analisis sebagai berikut


Descriptives
Prestasi Mahasiswa








N
Mean
Std. Deviation
Std. Error
95% Confidence Interval for Mean
Minimum
Maximum

Lower Bound
Upper Bound
Mendengar
10
22.0000
1.05409
.33333
21.2459
22.7541
21.00
23.00
Membaca
10
23.0000
2.30940
.73030
21.3480
24.6520
20.00
27.00
Menghafal
10
24.9000
2.76687
.87496
22.9207
26.8793
20.00
28.00
Total
30
23.3000
2.42331
.44243
22.3951
24.2049
20.00
28.00

Tabel di atas memuat banyaknya data tentang prestasi belajar untuk masing-masing metode belajar. Untuk metode mendengar ada 10 subjek dengan rata-rata sebesar 22,0000, metode membaca terdapat 10 subjek dengan nilai rata-rata 23,0000 dan metode menghafal dengan jumlah subjek 10 dengan nilai rata-rata 24,9000.






Test of Homogeneity of Variances
Prestasi Mahasiswa


Levene Statistic
df1
df2
Sig.
1.550
2
27
.231

Pada tabel di atas dijelaskan tentang hasil analisis uji kehomogenan varian populasi dan taraf signifikansinya.
Ø  Hipotesis
Ho : varians kelompok populasi adalah sama
Ha : varians kelompok populasi adalah berbeda
Ø  Pengujian hipotesis dapat dilakukan dengan membandingkan taraf signifikansi denga galat, 0,231>0,05, maka Ho diterima. Dengan demikian ketiga kelompok mempunyai varian yang sama







ANOVA
Prestasi Mahasiswa





Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Between Groups
43.400
2
21.700
4.617
.019
Within Groups
126.900
27
4.700


Total
170.300
29




Uji ANOVA digunakan untuk mengetahui apakah ketiga metode belajar itu mempunyai efektifitas yang sama atau berbeda. Pengujian hipotesis dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Ø  Dengan cara membandingkan nilai F hitung dengan F tabel
Jika F hitung > F tabel, Ho ditolak
Jika F hitung < F tabel, Ho diterima
Diketahui F tabel sebesar 3,33 dan F hitung sebesar 4,617. Maka F hitung > F tabel. Dengan demikian Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar dari metode yang ada.
Ø  Dengan cara membandingkan taraf signifikansi
Jika sig.>0,05, maka Ho diterima
Jika sig.<0,05, maka Ho ditolak
Diperoleh sig. sebesar 0,019 maka sig.<0,05 maka Ho ditolak. Jadi terdapat perbedaan prestasi belajar dari tiap-tiap metoda belajar.


Post Hoc Tests

Multiple Comparisons
Prestasi Mahasiswa
LSD





(I) Metode Belajar
(J) Metode Belajar
Mean Difference (I-J)
Std. Error
Sig.
95% Confidence Interval
Lower Bound
Upper Bound
Mendengar
Membaca
-1.00000
.96954
.311
-2.9893
.9893
Menghafal
-2.90000*
.96954
.006
-4.8893
-.9107
Membaca
Mendengar
1.00000
.96954
.311
-.9893
2.9893
Menghafal
-1.90000
.96954
.060
-3.8893
.0893
Menghafal
Mendengar
2.90000*
.96954
.006
.9107
4.8893
Membaca
1.90000
.96954
.060
-.0893
3.8893
*. The mean difference is significant at the 0.05 level.


Tabel di atas untuk mengetahui rata-rata (mean difference) prestasi belajar pada mahasiswa terhadap metode yang diberikan.
Ø  Perbedaan rata-rata ( mean difference ) metode belajar antara mahasiswa dengan metode mendengar dengan membaca adalah sebesar 1,00000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata prestasi mahasiswa dengan metode belajar mendengar sebesar 22,000 dan metode belajar membaca sebesar 23,0000, maka dapat disimpulkan bahwa metode membaca lebih efektif dari pada metode mendengar.
Ø  Perbedaan rata-rata ( mean difference ) metode belajar antara mahasiswa dengan metode mendengar dengan menghafal adalah sebesar 2,90000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata prestasi mahasiswa dengan metode belajar mendengar sebesar 22,000 dan metode belajar menghafal sebesar 24,900, maka dapat disimpulkan bahwa metode menghafal lebih efektif dari pada metode mendengar.
Ø  Perbedaan rata-rata ( mean difference ) metode belajar antara mahasiswa dengan metode membaca dengan menghafal adalah sebesar 1,90000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata prestasi mahasiswa dengan metode belajar mendengar sebesar 24,900 dan metode belajar membaca sebesar 23,0000, maka dapat disimpulkan bahwa metode menghafal lebih efektif dari pada metode membaca.

Kesimpulan
1.    Berdasarkan dari hasil analisis, terdapat perbedaan prestasi mahasiswa antara metode belajar membaca, menghafal dan mendengar
2.    Metode menghafal adalah metode yang mempunyai nilai rata-rata tertinggi (24,900), maka metode menghafal adalah metode paling efektif untuk meningkatkan prestasi mahasiswa
3.    Untuk meningkatkan prestasi mahasiswa, maka dianjurkan untuk memakai metode menghafal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.