Uji One-Way ANOVA
Seorang peneliti
ingin mengetahui efektifitas metoda pembelajaran dengan menggunakan metode mendengar, membaca dan menghafal. Untuk itu, peneliti
melakukan eksperimen untuk menguji efektifitas ketiga metode tersebut, kemudian
diambil 30 subjek sebagai sampel, masing-masing metoda terdapat 10 subjek,
setelah dilakukan pengukuran diperolehlah data sebagai berikut :
Mendengar
|
Membaca
|
Menghafal
|
21
|
22
|
25
|
23
|
24
|
25
|
23
|
23
|
25
|
21
|
21
|
26
|
23
|
23
|
26
|
21
|
20
|
27
|
23
|
20
|
27
|
21
|
27
|
28
|
23
|
25
|
20
|
21
|
25
|
20
|
Berdasarkan data tersebut di atas
maka, disusunlah hipotesis sebagai berikut :
Hipotesis
Ho: μa=μb=μc
Tidak terdapat
perbedaan rata-rata prestasi belajar pada mahasiswa pada masing-masing metode
Ha: μa≠μb≠μc
Terdapat
perbedaan rata-rata prestasi belajar pada mahasiswa pada masing-masing metode
Analisis Data
Ø Copy
data yang sudah terinput dari Ms. Excel. Pada kolom Name isi dengan Prestasi dan Metode. Pada kolom Label isikan dengan Prestasi Mahasiswa
dan Metode Belajar. Pada kolom Values pada baris Jenis kelamin isikan keterangan 1
adalah mendengar, 2 adalah membaca, dan 3 adalah menghafal.
Ø Klik
Analyze?Compare
Means?One-Way ANOVA. Setelah
keluar kotak dialognya, klik variabel Prestasi Mahasiswa ke kotak Dependent
List dan Metode belajar ke Factor. Kemudian klik Post Hoc?LSD,
Klik continue. Klik Options, pilih Descriptive dan Homogenity Of Varians.
Klik Continue dan Ok. Dan akan muncul hasil analisis sebagai berikut
Descriptives
|
||||||||
Prestasi Mahasiswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
N
|
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Error
|
95% Confidence Interval
for Mean
|
Minimum
|
Maximum
|
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
||||||
Mendengar
|
10
|
22.0000
|
1.05409
|
.33333
|
21.2459
|
22.7541
|
21.00
|
23.00
|
Membaca
|
10
|
23.0000
|
2.30940
|
.73030
|
21.3480
|
24.6520
|
20.00
|
27.00
|
Menghafal
|
10
|
24.9000
|
2.76687
|
.87496
|
22.9207
|
26.8793
|
20.00
|
28.00
|
Total
|
30
|
23.3000
|
2.42331
|
.44243
|
22.3951
|
24.2049
|
20.00
|
28.00
|
Tabel di atas memuat banyaknya data tentang
prestasi belajar untuk masing-masing metode belajar. Untuk metode mendengar ada
10 subjek dengan rata-rata sebesar 22,0000, metode membaca terdapat 10 subjek
dengan nilai rata-rata 23,0000 dan metode menghafal dengan jumlah subjek 10
dengan nilai rata-rata 24,9000.
Test of Homogeneity of
Variances
|
|||
Prestasi Mahasiswa
|
|
|
|
Levene Statistic
|
df1
|
df2
|
Sig.
|
1.550
|
2
|
27
|
.231
|
Pada tabel di atas dijelaskan tentang hasil analisis uji kehomogenan
varian populasi dan taraf signifikansinya.
Ø Hipotesis
Ho : varians
kelompok populasi adalah sama
Ha : varians
kelompok populasi adalah berbeda
Ø Pengujian
hipotesis dapat dilakukan dengan membandingkan taraf signifikansi denga galat, 0,231>0,05,
maka Ho diterima. Dengan demikian ketiga kelompok mempunyai varian yang sama
ANOVA
|
|||||
Prestasi Mahasiswa
|
|
|
|
|
|
|
Sum of Squares
|
df
|
Mean Square
|
F
|
Sig.
|
Between Groups
|
43.400
|
2
|
21.700
|
4.617
|
.019
|
Within Groups
|
126.900
|
27
|
4.700
|
|
|
Total
|
170.300
|
29
|
|
|
|
Uji ANOVA digunakan untuk mengetahui apakah
ketiga metode belajar itu mempunyai efektifitas yang sama atau berbeda.
Pengujian hipotesis dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
Ø
Dengan
cara membandingkan nilai F hitung dengan F tabel
Jika F hitung > F tabel, Ho ditolak
Jika F hitung < F tabel, Ho diterima
Diketahui F tabel sebesar 3,33 dan F hitung
sebesar 4,617. Maka F hitung > F tabel. Dengan demikian Ho ditolak yang
artinya terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar dari metode yang ada.
Ø
Dengan
cara membandingkan taraf signifikansi
Jika sig.>0,05, maka Ho diterima
Jika sig.<0,05, maka Ho ditolak
Diperoleh sig. sebesar 0,019 maka
sig.<0,05 maka Ho ditolak. Jadi terdapat perbedaan prestasi belajar dari
tiap-tiap metoda belajar.
Post Hoc Tests
Multiple Comparisons
|
||||||
Prestasi Mahasiswa
LSD
|
|
|
|
|
|
|
(I) Metode Belajar
|
(J) Metode Belajar
|
Mean Difference (I-J)
|
Std. Error
|
Sig.
|
95% Confidence Interval
|
|
Lower Bound
|
Upper Bound
|
|||||
Mendengar
|
Membaca
|
-1.00000
|
.96954
|
.311
|
-2.9893
|
.9893
|
Menghafal
|
-2.90000*
|
.96954
|
.006
|
-4.8893
|
-.9107
|
|
Membaca
|
Mendengar
|
1.00000
|
.96954
|
.311
|
-.9893
|
2.9893
|
Menghafal
|
-1.90000
|
.96954
|
.060
|
-3.8893
|
.0893
|
|
Menghafal
|
Mendengar
|
2.90000*
|
.96954
|
.006
|
.9107
|
4.8893
|
Membaca
|
1.90000
|
.96954
|
.060
|
-.0893
|
3.8893
|
|
*. The mean difference is significant at the 0.05
level.
|
|
|
Tabel di atas untuk mengetahui rata-rata (mean difference) prestasi
belajar pada mahasiswa terhadap metode yang diberikan.
Ø
Perbedaan
rata-rata ( mean difference ) metode
belajar antara mahasiswa dengan metode mendengar dengan membaca adalah sebesar
1,00000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata
prestasi mahasiswa dengan metode belajar mendengar sebesar 22,000 dan metode
belajar membaca sebesar 23,0000, maka dapat disimpulkan bahwa metode membaca
lebih efektif dari pada metode mendengar.
Ø
Perbedaan
rata-rata ( mean difference ) metode
belajar antara mahasiswa dengan metode mendengar dengan menghafal adalah
sebesar 2,90000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
rata-rata prestasi mahasiswa dengan metode belajar mendengar sebesar 22,000 dan
metode belajar menghafal sebesar 24,900, maka dapat disimpulkan bahwa metode
menghafal lebih efektif dari pada metode mendengar.
Ø
Perbedaan
rata-rata ( mean difference ) metode
belajar antara mahasiswa dengan metode membaca dengan menghafal adalah sebesar
1,90000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata
prestasi mahasiswa dengan metode belajar mendengar sebesar 24,900 dan metode
belajar membaca sebesar 23,0000, maka dapat disimpulkan bahwa metode menghafal
lebih efektif dari pada metode membaca.
Kesimpulan
1. Berdasarkan dari hasil analisis, terdapat
perbedaan prestasi mahasiswa antara metode belajar membaca, menghafal dan
mendengar
2. Metode menghafal adalah metode yang
mempunyai nilai rata-rata tertinggi (24,900), maka metode menghafal adalah
metode paling efektif untuk meningkatkan prestasi mahasiswa
3. Untuk meningkatkan prestasi mahasiswa, maka
dianjurkan untuk memakai metode menghafal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.