Uji-t satu sampel
pihak kiri (one sample T-test)
Seorang
peneliti ingin mengetahui efektivitas metode pembelajaran statistik yang mana
hal tersebut akan digunakan sebagai metode dalam pembelajarannya. Pengukurannya
dengan model tes hasil belajar atau rata-rata nilai ujian ataukah nilai
pengujiannya memenuhi standart atau tidak. Diambillah 30 sampling sebagai
berikut
NO
|
Nilai Ujian
|
1
|
21
|
2
|
23
|
3
|
23
|
4
|
21
|
5
|
23
|
6
|
21
|
7
|
23
|
8
|
21
|
9
|
23
|
10
|
21
|
11
|
22
|
12
|
24
|
13
|
23
|
14
|
21
|
15
|
23
|
16
|
27
|
17
|
25
|
18
|
25
|
19
|
25
|
20
|
25
|
21
|
25
|
22
|
26
|
23
|
26
|
24
|
27
|
25
|
27
|
26
|
28
|
27
|
29
|
28
|
6
|
29
|
33
|
30
|
45
|
a. Hipotesis
Ho : μ≥24
Rata-rata skor
ujian lebih besar atau sama dengan 24
Ha : μ<24
Rata-rata skor
ujian lebih kecil dari 24
b. Kaidah
1. Dengan
cara membandingkan nilai t hitung dengan t tabel
Jika t hitung
> t tabel, maka Ho ditolak
Jika t hitung
< t tabel, maka Ho diterima
2. Dengan
cara membandingkan taraf signifikansi
Jika
sig.>0,05, maka Ho diterima
Jika sig.<0,05,
maka Ho ditolak
c. Analisis data
1. Setelah data terinput ke Ms. Excel.
Kemudian copy data ke SPSS
2. Pada kolom variabel ganti dengan
nama Skor dan Skor ujian pada label
3.
Klik Analyze?Compare
Means?One sample T Test. Pindahkan
Skor Ujian ke kolom Test Variable(s), pada
kolom Test Value isi dengan angka
24. Klik Option. Pada kolom Confidence Interval pilih angka 95%.
Klik Exclude cases analysis by analysis?Continue?OK
Dari proses
analisis diatas, maka diperoleh data sebagai berikut :
One-Sample Statistics
|
||||
|
N
|
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Error Mean
|
Skor Ujian
|
30
|
24.4000
|
5.83450
|
1.06523
|
One-Sample
Test
|
||||||
|
Test Value = 24
|
|||||
|
t
|
df
|
Sig. (2-tailed)
|
Mean Difference
|
95% Confidence Interval
of the Difference
|
|
|
Lower
|
Upper
|
||||
Skor Ujian
|
.376
|
29
|
.710
|
.40000
|
-1.7786
|
2.5786
|
Ø
Dari tabel di atas dapat diinterpretasikan bahwa
subjek penelitian adalah 30 dengan nilai rata-rata skor ujian adalah 24,4000
dengan standar simpangan baku adalah 5,83450 dan Standar Eror adalah 1,06523.
Ø
Dalam kasus ini terlihat adanya perbedaan
rata-rata (Mean Difference) yaitu sebesar 0,40000, yaitu rata-rata hitung (Mean
Empiris) dikurangi rata-rata hipotesis (24,40000-24=0,40000). Perbedaan sebesar
0,4 ini mempunyai range lower -1,7786 sampai upper 2,5786
Ø
Diketahui t tabel untuk 30 subjek adalah 1,729
dan t hitung 0,376. Jadi t hitung (0,376) lebih kecil dari t tabel (1,729) maka
Ho diterima. Jadi nilai rata-rata ujian adalah lebih besar atau sama dengan 24.
Ø
Dari data di atas diperoleh signifikansi sebesar
0,710. Dimana dalam pengujian ini menggunakan one tail test maka 0,710:2=0,355
Dengan demikian signifikansinya lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima, ini
berarti bahwa nilai rata-rata ujian adalah lebih besar atau sama dengan 24.
d. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa rata-rata nilai ujian yang
diperoleh adalah lebih besar atau sama dengan 24, dengan demikian Ho diterima
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.