Selasa, 24 September 2013

Uji-t satu sampel pihak kanan (one sample T-test)



Uji-t satu sampel pihak kanan (one sample T-test)
Seorang peneliti ingin mengetahui efektivitas metode pembelajaran statistik yang mana hal tersebut akan digunakan sebagai metode dalam pembelajarannya. Pengukurannya dengan model tes hasil belajar atau rata-rata nilai ujian ataukah nilai pengujiannya memenuhi standart atau tidak. Diambillah 30 sampling sebagai berikut
NO
Nilai Ujian
1
21
2
23
3
23
4
21
5
23
6
21
7
23
8
21
9
23
10
21
11
22
12
24
13
23
14
21
15
23
16
27
17
25
18
25
19
25
20
25
21
25
22
26
23
26
24
27
25
27
26
28
27
29
28
6
29
33
30
45



a. Hipotesis
Ho : μ≤24
Rata-rata skor ujian lebih kecil atau sama dengan 24
Ha : μ>24
Rata-rata skor ujian lebih besar dari 24
b. Kaidah
1.    Dengan cara membandingkan nilai t hitung dengan t tabel
Jika t hitung > t tabel, maka Ho ditolak
Jika t hitung < t tabel, maka Ho diterima
2.    Dengan cara membandingkan taraf signifikansi
Jika sig.>0,05, maka Ho diterima
Jika sig.<0,05, maka Ho ditolak
c. Analisis data
1. Setelah data terinput ke Ms. Excel. Kemudian copy data ke SPSS
2. Pada kolom variabel ganti dengan nama Skor dan Skor ujian pada label
3. Klik Analyze?Compare Means?One sample T Test. Pindahkan Skor Ujian ke kolom Test Variable(s), pada kolom Test Value isi dengan angka 24. Klik Option. Pada kolom Confidence Interval pilih angka 95%. Klik Exclude cases analysis by analysis?Continue?OK

Dari proses analisis diatas, maka diperoleh data sebagai berikut :
One-Sample Statistics

N
Mean
Std. Deviation
Std. Error Mean
Skor Ujian
30
24.4000
5.83450
1.06523




One-Sample Test

Test Value = 24                                     

t
df
Sig. (2-tailed)
Mean Difference
95% Confidence Interval of the Difference

Lower
Upper
Skor Ujian
.376
29
.710
.40000
-1.7786
2.5786

Ø  Dari tabel di atas dapat diinterpretasikan bahwa subjek penelitian adalah 30 dengan nilai rata-rata skor ujian adalah 24,4000 dengan standar simpangan baku adalah 5,83450 dan Standar Eror adalah 1,06523.
Ø  Dalam kasus ini terlihat adanya perbedaan rata-rata (Mean Difference) yaitu sebesar 0,40000, yaitu rata-rata hitung (Mean Empiris) dikurangi rata-rata hipotesis (24,40000-24=0,40000). Perbedaan sebesar 0,4 ini mempunyai range lower -1,7786 sampai upper 2,5786
Ø  Diketahui t tabel untuk 30 subjek adalah 1,729 dan t hitung 0,376. Jadi t hitung (0,376) lebih kecil dari t tabel (1,729) maka Ho diterima. Jadi nilai rata-rata ujian adalah lebih kecil atau sama dengan 24.
Ø  Dari data di atas diperoleh signifikansi sebesar 0,710. Dimana dalam pengujian ini menggunakan one tail test maka 0,710:2=0,355 Dengan demikian signifikansinya lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima, ini berarti bahwa nilai rata-rata ujian adalah lebih kecil atau sama dengan 24.
d. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa rata-rata nilai ujian yang diperoleh adalah lebih kecil atau sama dengan 24, dengan demikian Ho diterima



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.