Crosstabulation
Kasus :
Seorang
peneliti ingin mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dengan jenis
kelamin. Selanjutnya diambil sebanyak 30 orang secara random dengan menggunakan
instrument skala prokrastinasi dan tes hasil belajar, dan diperoleh data
sebagai berikut
Kode
|
Prokrastinasi
|
Jenis Kelamin
|
Subyek
|
|
|
1
|
1
|
Laki-laki
|
2
|
2
|
Perempuan
|
3
|
2
|
Perempuan
|
4
|
1
|
Laki-laki
|
5
|
2
|
Perempuan
|
6
|
1
|
Perempuan
|
7
|
2
|
Laki-laki
|
8
|
1
|
Perempuan
|
9
|
2
|
Laki-laki
|
10
|
1
|
Perempuan
|
11
|
2
|
Perempuan
|
12
|
2
|
Perempuan
|
13
|
2
|
Perempuan
|
14
|
1
|
Perempuan
|
15
|
2
|
Laki-laki
|
16
|
2
|
Perempuan
|
17
|
1
|
Laki-laki
|
18
|
2
|
Perempuan
|
19
|
1
|
Perempuan
|
20
|
2
|
Laki-laki
|
21
|
1
|
Perempuan
|
22
|
2
|
Laki-laki
|
23
|
1
|
Perempuan
|
24
|
2
|
Perempuan
|
25
|
2
|
Perempuan
|
26
|
2
|
Perempuan
|
27
|
2
|
Laki-laki
|
28
|
2
|
Perempuan
|
29
|
1
|
Laki-laki
|
30
|
1
|
Laki-laki
|
Dengan
taraf signifikansi (galat/p) = 0,05 (5%), apakah ada hubungan antara Prokrastinasi
akademik dengan jenis kelamin?
Hipotesis
Ho :
Tidak
ada hubungan antara prokrastinasi akademik dengan jenis kelamin
Ha : Ada
hubungan antara prokrastinasi akademik dengan jenis kelamin
Langkah-Langkah Analisis
Ø Setelah
semua data terinput ke dalam SPSS, pilih Analyze?Descriptive Statistics?Crosstabs
Ø Setelah
masuk ke dalam kotak dialog Crosstabs pindahkan
variabel Prokrastinasi Row(s). dan
prestasi belajar Pada kolom Column (s). Klik Statistics?Chi-square?Contingency coefficient?continue
Ø Setalah
itu klik OK dan akan keluar hasil
output sebagai berikut :
Case Processing
Summary
|
||||||
|
Cases
|
|||||
|
Valid
|
Missing
|
Total
|
|||
|
N
|
Percent
|
N
|
Percent
|
N
|
Percent
|
Prokrastinasi Akademik * Gender
|
30
|
93.8%
|
2
|
6.2%
|
32
|
100.0%
|
Dari data di atas diketahui jumlah
subyek 30 orang yang semuanya diproses, tidak ada data missing sehingga
kevalidannya 100%
Prokrastinasi
Akademik * Gender Crosstabulation
|
||||
Count
|
|
|
|
|
|
|
Gender
|
Total
|
|
|
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
|
Prokrastinasi Akademik
|
Rendah
|
5
|
7
|
12
|
Tinggi
|
6
|
12
|
18
|
|
Total
|
11
|
19
|
30
|
Dalam data di atas memuat informasi
mengenai jumlah macam skor beserta skorringnya.
Chi-Square Tests
|
|||||
|
Value
|
df
|
Asymp. Sig. (2-sided)
|
Exact Sig.
(2-sided)
|
Exact Sig.
(1-sided)
|
Pearson Chi-Square
|
.215a
|
1
|
.643
|
|
|
Continuity Correctionb
|
.006
|
1
|
.938
|
|
|
Likelihood Ratio
|
.214
|
1
|
.643
|
|
|
Fisher's Exact Test
|
|
|
|
.712
|
.466
|
Linear-by-Linear Association
|
.208
|
1
|
.648
|
|
|
N of Valid Casesb
|
30
|
|
|
|
|
a. 1 cells (25.0%) have expected count
less than 5. The minimum expected count is 4.40.
|
|||||
b. Computed only for a 2x2 table
|
|
|
|
|
Menguji
Hipotesis
Kaidah
Ø Jika
signifikansi > 0,05 maka Ho diterima
Ø Jika
signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak
Berdasarkan tabel hasil analisis diperoleh
nilai sig. sebesar 0,648, dengan demikian maka sig>0,05 maka Ho diterima,
yang berarti bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara prokrastinasi
akademik dengan jenis kelamin.
Symmetric Measures
|
|||
|
|
Value
|
Approx. Sig.
|
Nominal by Nominal
|
Contingency Coefficient
|
.084
|
.643
|
N of Valid Cases
|
30
|
|
Pada tabel di atas signifikansi sebesar
0,643, dengan demikian sig>0,05 maka Ho diterima, jadi keputusannya tidak terdapat
hubungan antara prokrastinasi akademik dengan jenis kelamin.
Kesimpulan
Dari penelitian ini dapat disimpulkan
tidak terdapat hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik dengan
jenis kelamin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.