Uji Kendall’s tau-b
Kasus :
Seorang
peneliti ingin mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dengan
prestasi belajar mata kuliah statistik. Selanjutnya diambil sebanyak 30 orang
secara random dengan menggunakan instrument skala prokrastinasi dan tes hasil
belajar, dan diperoleh data sebagai berikut
Kode
|
Prokrastinasi
|
Prestasi Belajar
|
Subyek
|
|
|
1
|
21
|
22
|
2
|
23
|
12
|
3
|
23
|
23
|
4
|
21
|
43
|
5
|
23
|
23
|
6
|
21
|
21
|
7
|
23
|
23
|
8
|
21
|
23
|
9
|
23
|
21
|
10
|
21
|
23
|
11
|
22
|
21
|
12
|
24
|
23
|
13
|
23
|
21
|
14
|
21
|
22
|
15
|
23
|
22
|
16
|
23
|
12
|
17
|
21
|
23
|
18
|
23
|
43
|
19
|
21
|
23
|
20
|
23
|
21
|
21
|
21
|
23
|
22
|
23
|
23
|
23
|
21
|
21
|
24
|
22
|
23
|
25
|
24
|
21
|
26
|
23
|
23
|
27
|
22
|
21
|
28
|
20
|
22
|
29
|
33
|
24
|
30
|
44
|
23
|
Dengan
taraf signifikansi (galat/p) = 0,05 (5%), apakah ada hubungan antara
Prokrastinasi akademik dengan Prestasi Belajar Statistik?
Hipotesis
Ho :
Tidak
ada hubungan antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar statistik
Ha : Ada
hubungan antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar akademik
Langkah-Langkah Analisis
Ø Setelah
semua data terinput ke dalam SPSS, pilih Analyze?Correlate?Bivariate
Ø Setelah
masuk ke dalam kotak dialog Bivariate
Correlations, pindahkan variabel
Prokrastinasi dan Prestasi belajar ke dalam Variables. Pada kolom Correlation
Coefficient centang hanya Kendall’s tau-b.
Ø Setalah
itu klik OK dan akan keluar hasil
output sebagai berikut :
Correlations
|
||||
|
|
|
Prokrastinasi
|
Prestasi belajar
Statistik
|
Kendall's tau_b
|
Prokrastinasi
|
Correlation Coefficient
|
1.000
|
.009
|
Sig. (2-tailed)
|
.
|
.952
|
||
N
|
30
|
30
|
||
Prestasi belajar Statistik
|
Correlation Coefficient
|
.009
|
1.000
|
|
Sig. (2-tailed)
|
.952
|
.
|
||
N
|
30
|
30
|
Ø Koefisien korelasi
yang diperoleh dari analis data adalah sebesar 0,009 dengan signifikansi 0,952.
Sehingga kita bisa menguji hipotesisnya sebagai berikut
·
Jika
signifikansi > 0,05 maka Ho diterima
·
Jika
signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak
Sehingga keputusan
dari pengujian hipotesisnya adalah Ho diterima, berarti tidak terdapat hubungan
antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar statistik
Ø Untuk menguji signifikansi
korelasi (apakah korelasi itu bisa digeneralisasikan atau tidak) maka terlebih
dahulu kita harus menghitung Z hitungnya dengan cara sebagai berikut Z=
=
=0,069


Z
tabel α=5% adalah 1,96
Hipotesis :
·
Ho : Harga koefisien
korelasi tidak signifikan
·
Ha : Harga koefisien
korelasi signifikan
Pengujian:
·
Jika
Z hitung > Z tabel maka Ho ditolak
·
Jika
Z hitung < Z tabel maka Ho diterima
·
Jadi
0,069<1,96, maka Ho diterima, berarti harga koefisien korelasi tidak
signifikan
Kesimpulan
Dari analisis data di
atas diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara
prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar statistik. Dengan melihat hasil
koefisien korelasi yang sebesar 0,009 (positif) maka dapat disimpulkan bahwa
semakin tinggi prokrastinasi, prestasi belajar juga semakin tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.