Uji Spearman
Kasus :
Seorang
peneliti ingin mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dengan
prestasi belajar mata kuliah statistik. Selanjutnya diambil sebanyak 30 orang
secara random dengan menggunakan instrument skala prokrastinasi dan tes hasil
belajar, dan diperoleh data sebagai berikut
Kode
|
Prokrastinasi
|
Prestasi Belajar
|
Subyek
|
|
|
1
|
21
|
22
|
2
|
23
|
12
|
3
|
23
|
23
|
4
|
21
|
43
|
5
|
23
|
23
|
6
|
21
|
21
|
7
|
23
|
23
|
8
|
21
|
23
|
9
|
23
|
21
|
10
|
21
|
23
|
11
|
22
|
21
|
12
|
24
|
23
|
13
|
23
|
21
|
14
|
21
|
22
|
15
|
23
|
22
|
16
|
23
|
12
|
17
|
21
|
23
|
18
|
23
|
43
|
19
|
21
|
23
|
20
|
23
|
21
|
21
|
21
|
23
|
22
|
23
|
23
|
23
|
21
|
21
|
24
|
22
|
23
|
25
|
24
|
21
|
26
|
23
|
23
|
27
|
22
|
21
|
28
|
20
|
22
|
29
|
33
|
24
|
30
|
44
|
23
|
Dengan
taraf signifikansi (galat/p) = 0,05 (5%), apakah ada hubungan antara
Prokrastinasi akademik dengan Prestasi Belajar Statistik?
Hipotesis
Ho :
Tidak
ada hubungan antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar statistik
Ha : Ada
hubungan antara prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar akademik
Langkah-Langkah Analisis
Ø Setelah
semua data terinput ke dalam SPSS, pilih Analyze?Correlate?Bivariate
Ø Setelah
masuk ke dalam kotak dialog Bivariate
Correlations, pindahkan variabel
Prokrastinasi dan Prestasi belajar ke dalam Variables. Pada kolom Correlation
Coefficient centang hanya Spearman.
Ø Setalah
itu klik OK dan akan keluar hasil
output sebagai berikut :
Correlations
|
||||
|
|
|
Prokrastinasi
|
Prestasi belajar
Statistik
|
Spearman's rho
|
Prokrastinasi
|
Correlation Coefficient
|
1.000
|
.020
|
Sig. (2-tailed)
|
.
|
.915
|
||
N
|
30
|
30
|
||
Prestasi belajar Statistik
|
Correlation Coefficient
|
.020
|
1.000
|
|
Sig. (2-tailed)
|
.915
|
.
|
||
N
|
30
|
30
|
Ø Pada
tabel di atas diketahui bahwa harga koefisien korelasi adalah sebesar 0,020
dengan signifikansi 0,915
Ø Pengujian
hipotesis dengan membandingkan taraf signifikansi dengan galatnya
Jika signifikansi > 0,05 maka Ho diterima
Jika signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak
Dari data analisis diperoleh signifikansi sebesar 0,915. Jadi
Ho diterima, yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara
prokrastinasi dengan prestasi belajar
Ø Untuk
menguji apakah koefisien korelasi dapat digeneralisasikan atau tidak, maka
harus dihitung dulu t hitungnya, dengan rumus


Hipotesis
Ho =
Harga koefisien korelasi tidak signifikan
Ha =
Harga koefisien korelasi signifikan
Pengujian
Ø Jika t hitung > t tabel maka Ho
ditolak
Ø Jika t hitung < t tabel maka Ho
diterima
Jika
diketahui t hitung = 0,105 dan t tabel = 2,048, maka Ho diterima yang artinya
harga koefisien korelasi tidak signifikan
Kesimpulan :
Berdasarkan pada hasil
analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini tidak ada
hubungan yang signifikan antara prokrastinasi dengan prestasi belajar
statistik. Di samping itu dengan melihat harga koefisien korelasi sebesar
0,020(bertanda positif) maka korelasinya berbanding lurus, yakni semakin tinggi
prokrastinasi maka prestasi belajar akan semakin tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.