Chochran’s Q test
Seorang
peneliti ingin mengetahui efektivitas metode pelatihan dalam meningkatkan
prestasi mahasiswa. Untuk mengetahui hal ini, maka dilakukan penelitian dengan
mencoba memberikan metode pelatihan tersebut kepada 15 mahasiswa. Efektivitas
metode ini akan diukur dari gagal-tidaknya mahasiswa dalam mengerjakan soal
selama 30 menit. Mahasiswa yang berhasil akan dinyatakan dengan skor 1 dan yang
gagal dengan skor 0. Hasilnya adalah sebagai berikut
Metode A
|
Metode B
|
Metode C
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
Hipotesis
Ho : Ketiga metode pelatihan mempunyai pengaruh yang sama
Ha : Ketiga metode pelatihan mempunyai pengaruh yang berbeda
Analisis
1. Copy
data dari Ms Excel ke SPSS
2. Pada
kolom name ketik A,B, dan C. Pada kolom label ketik efek dari kata A, efek dari
kata B dan efek dari kata C.
3. Klik
Analyze?Nonparametric
Test?K related Samples?pindahkan semua
varibel ke kotak test variabel, pilih uji Chochran’s Q dan statistik
descriptive dan akan diperoleh data sebagai berikut
Cochran Test
Frequencies
|
||
|
Value
|
|
|
0
|
1
|
Metode pelatihan A
|
6
|
9
|
Metode Pelatihan B
|
6
|
9
|
Metode Pelatihan C
|
6
|
9
|
Test Statistics
|
|
N
|
15
|
Cochran's Q
|
.000a
|
df
|
2
|
Asymp. Sig.
|
1.000
|
a. 0 is treated as a success.
|
Interpretasi
Ø
Berdasarkan hasil pada tabel frequencies, terlihat
pada metode A yang berhasil ada 9 mahasiswa dan yang gagal ada 6 mahasiswa,
metode B yang berhasil ada 9 mahasiswa dan yang gagal 6 mahasiswa, metode C
yang berhasil 9 mahasiswa dan yang gagal 6 mahasiswa
Ø
Pengujian hipotesis
a.
Dengan membandingkan Chi-Square hitung
dengan Chi-Square Tabel
Jika Chochran Q hitung > Chi-Square
Tabel maka Ho ditolak
Jika Chiochran Q hitung < Chi-Square
Tabel maka Ho diterima
Diketahui harga
Chi-Square tabel sebesar 5,591 dan Chi-Square hitung sebesar 0,000 maka Ho
diterima yang berarti ketiga metode pelatihan mempunyai pengaruh yang sama
terhadap prestasi mahasiswa
b. Dengan
membandingkan taraf signifikansi
Jika sig.>0,05 maka Ho diterima
Jika sig.<0,05 maka Ho ditolak
Diperoleh Sig.
sebesar 1 maka Ho diterima yang berarti tidak ketiga metode pelatihan mempunyai
pengaruh yang sma terhadap prestasi mahasiswa.
Kesimpulan
Dari kedua
pengujian menyatakan Ho diterima, dengan demikian penelitian membuktikan bahwa
ketiga metode mempunyai pengaruh yang sama terhadap prestasi mahasiswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.