Sabtu, 21 September 2013

Chochran’s Q test

Chochran’s Q test
Seorang peneliti ingin mengetahui efektivitas metode pelatihan dalam meningkatkan prestasi mahasiswa. Untuk mengetahui hal ini, maka dilakukan penelitian dengan mencoba memberikan metode pelatihan tersebut kepada 15 mahasiswa. Efektivitas metode ini akan diukur dari gagal-tidaknya mahasiswa dalam mengerjakan soal selama 30 menit. Mahasiswa yang berhasil akan dinyatakan dengan skor 1 dan yang gagal dengan skor 0. Hasilnya adalah sebagai berikut
Metode A
Metode B
Metode C
0
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
1
0
0
1
1
1
1
0
0
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
1
0
1
0
1
1
0
1
0
1
0
0
1
1
1

Hipotesis
Ho : Ketiga metode pelatihan mempunyai pengaruh yang sama
Ha : Ketiga metode pelatihan mempunyai pengaruh yang berbeda
Analisis
1.    Copy data dari Ms Excel ke SPSS
2.    Pada kolom name ketik A,B, dan C. Pada kolom label ketik efek dari kata A, efek dari kata B dan efek dari kata C.
3.    Klik Analyze?Nonparametric Test?K related Samples?pindahkan semua varibel ke kotak test variabel, pilih uji Chochran’s Q dan statistik descriptive dan akan diperoleh data sebagai berikut

Cochran Test

Frequencies

Value

0
1
Metode pelatihan A
6
9
Metode Pelatihan B
6
9
Metode Pelatihan C
6
9


Test Statistics
N
15
Cochran's Q
.000a
df
2
Asymp. Sig.
1.000
a. 0 is treated as a success.


Interpretasi
Ø  Berdasarkan hasil pada tabel frequencies, terlihat pada metode A yang berhasil ada 9 mahasiswa dan yang gagal ada 6 mahasiswa, metode B yang berhasil ada 9 mahasiswa dan yang gagal 6 mahasiswa, metode C yang berhasil 9 mahasiswa dan yang gagal 6 mahasiswa
Ø  Pengujian hipotesis
a.    Dengan membandingkan Chi-Square hitung dengan Chi-Square Tabel
Jika Chochran Q hitung > Chi-Square Tabel maka Ho ditolak
Jika Chiochran Q hitung < Chi-Square Tabel maka Ho diterima
Diketahui harga Chi-Square tabel sebesar 5,591 dan Chi-Square hitung sebesar 0,000 maka Ho diterima yang berarti ketiga metode pelatihan mempunyai pengaruh yang sama terhadap prestasi mahasiswa
b.    Dengan membandingkan taraf signifikansi
Jika sig.>0,05 maka Ho diterima
Jika sig.<0,05 maka Ho ditolak
Diperoleh Sig. sebesar 1 maka Ho diterima yang berarti tidak ketiga metode pelatihan mempunyai pengaruh yang sma terhadap prestasi mahasiswa.

Kesimpulan
Dari kedua pengujian menyatakan Ho diterima, dengan demikian penelitian membuktikan bahwa ketiga metode mempunyai pengaruh yang sama terhadap prestasi mahasiswa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan komentar anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kami dalam berbagi.